Kata Alien, "Bumi Tempat Membosankan"

Diposting oleh GaBohong


Astronom eksentrik asal Inggris, Sir Patrick Moore, memprediksi kehidupan makhluk asing di luar Bumi akan ditemukan dalam 50 tahun ke depan. Saat itu manusia akan menemukan bukti keberadaan planet yang mendukung kehidupan alien.

Pria 89 tahun ini juga memperkirakan alien bakal mendatangi Bumi. Namun, menurut Moore, manusia tidak perlu khawatir meski akan didatangi alien.


"Kata alien, Bumi adalah tempat yang membosankan," ujar Moore kepada Dailymail, Selasa 23 Oktober 2012. Ia yakin alien--atau dikenal dengan ET atau extra terrestrial--tidak berniat mengganggu atau merusak Bumi.


Moore serius dengan prediksinya. Penemuan makhluk asing tidak akan lama lagi terjadi. Sebab, manusia telah berhasil menjelajahi antariksa, bulan dan Mars, menemukan planet-planet baru, dan diperkirakan mampu mencapai luar tata surya pada akhir abad ini.


"Saya yakin ada kehidupan di luar sana. Kita hidup di planet yang cukup membosankan, yang mengorbit pada bintang yang membosankan," ujar Moore pada peluncuran buku barunya yang berjudul "The Tourist Cosmic."


More menulis buku yang berkisah tentang petualangan wisata antariksa bersama dua rekannya, Chris Lintott, seorang astronom dari Universitas Oxford, dan Brian May, pakar astrofisika dari Queen Mary, Universitas London. "Usaha Virgin Galactic membuat paket wisata antariksa membuka peluang manusia untuk jalan-jalan ke luar Bumi," ujar Lintott.


Pekan ini Lintott mengumumkan penemuan planet baru, PH1, yang berjarak 5 ribu tahun cahaya dari Bumi. Planet ini--diyakini berukuran enam kali Bumi dan memiliki empat matahari di langitnya--ditemukan dua astronom amatir dari laman Planet Hunters yang diasuh Lintott.


Awal tahun ini, dua astronom amatir lainnya, Chris Holmes dan Lee Threapleton, menemukan bukti keberadaan sebuah planet baru yang berjarak 3 ribu tahun cahaya dari Bumi. Keduanya juga memanfaatkan informasi dari laman Planet Hunters.


Lord Rees, astronom dari Queen Mary, mengatakan perkembangan ilmu astronomi memungkinkan para astrofisikawan melihat keberadaan planet baru yang terletak jauh di luar tata surya setidaknya mulai tahun 2025. Kondisi ini juga memungkinkan para ilmuwan mengetahui bentuk kehidupan di planet-planet baru tersebut.


"Dalam waktu 10-20 tahun kita akan dapat melihat planet lain seperti Bumi, mengorbit pada bintang lain. Akan menarik untuk melihat apakah ada bukti keberadaan makhluk asing di sana," ujar Rees.


Sementara itu, Moore berharap Inggris dapat terlibat dalam upaya penemuan alien, yang selama ini dipelopori ilmuwan Amerika Serikat. Ia bahkan sempat mengkritik pemerintah Inggris yang lebih memilih menggelontorkan dana sebesar US $ 32 miliar untuk ikut perang di Afganistan.


"Padahal uang sebanyak itu bisa mendanai program antariksa Inggris yang sangat komprehensif," ujar Moore menyesalkan keputusan pemerintah Inggris.

SelengkapnyaDISINI...

7 Kampung Cantik Tepi Sungai

Diposting oleh GaBohong

1. Thailand


Perkampungan di kanal Klong Damnoen Saduak, di Provinsi Ratchaburi, Thailand ini. Klong dalam bahasa Indonesia berarti kanal. Di kanal ini, bangunan menghadap ke sungai sempit atau kanal yang difungsikan sebagai pasar apung.

Kanal ini bisa dicapai dari Bangkok melalui Klong Saen Saeb. Terlihat ruwet ya, karena ada aktivitas pasar apung di kanal ini. Tapi lihat, tak ada sampah di sungainya membuat penduduk leluasa melakukan kegiatan ekonomi. 

2. Vietnam


Desa nelayan ini terletak di sepanjang sungai di Hoi An, pelabuhan internasional sejak abad ke-16, kendati kini pusat kegiatan perkapalan sudah dipindahkan ke Da Nang.

Lihatlah bangunan-bangunan di pinggir kali itu tampak kuno, bergaya arsitektur China. Lampion-lampion warna-warni tampak indah menghiasi bangunan itu yang sepanjang bantarannya bersih.

Tak heran kawasan ini disebut 'Venesia dari Vietnam'. 

3. China


Perkampungan di kanan-kiri Kanal Suzhou di bagian timur China ini. Kanal ini merupakan anak Sungai Yangtze.

Kota air ini didirikan pada abad ke-5 SM, yang dihiasi taman dan jembatan-jembatan batu. Kanal ini dijuluki 'Venesia dari China' dan dahulu merupakan jalur perdagangan sutra karena mendekati Grand Canal, jalur sungai perdagangan terbesar di dunia. 

4. Indonesia


Indonesia memiliki kampung di pinggiran Kali Code, Yogyakarta. Kampung pinggir kali yang dulunya kumuh, namun karena sentuhan sastrawan sekaligus rohaniawan dan budayawan, YB Mangunwijaya alias Romo Mangun, Kali Code ini menjadi tertata rapi dan bersih.

Bahkan rancangan pemukim-an Romo Mangun di tepi Kali Code ini menerima penghargaan bidang arsitektur Aga Khan Award. Karena berhasil menata perumahan warga miskin yang kumuh di pinggiran Kali Code, penulis novel 'Burung-burung Manyar' ini menjadi salah satu arsitek terbaik di Indonesia. 

5. Belgia


Bruges merupakan kota air sejak abad pertengahan di Belgia, Eropa. Dahulu kanal kota air ini merupakan jaringan penting bagi para pedagang untuk membawa barang dagangannya menuju pasar di Water Halls.

Kini, perkampungan dan bangunan di kanan-kiri kanal ini masih awet dan terpelihara. Pemandangannya yang indah menjadikannya jujugan turis-turis. 

6. Belanda


Amsterdam, ibu Kota negara Belanda ini memiliki 3 kanal utama yaitu, Herengracht, Prinsengracht, dan Keizersgracht yang mengelilingi kota. Ada sekitar 100 km kanal dan 1.500 jembatan di Amsterdam.

Di kanan-kirinya, ada 1.550 gedung bersejarah. Para warga dan turis bisa menikmati keindahan kanal dengan perahu. 

7. Italia


Aha! Ini bukan lagi kampung yang dibangun di bantaran sungai, namun kampung yang dibangun di atas sungai. Venesia, kota air di Italia ini sudah kondang sejagat. Kota seluas 412 km persegi ini sudah ada sejak abad ke-9 M.

Bangunan-bangunan bergaya Italia ini berjajar dan berpadu cantik di atas 150 kanal. Perahu, termasuk gondola adalah alat transportasi utamanya. Nikmati denyut kota air ini dengan mendayung perahu secara perlahan. Tak ada kebisingan kendaraan bermotor di kota yang romantis ini. 

SelengkapnyaDISINI...

Kisah Wanita Pemburu Gerhana

Diposting oleh GaBohong

Ini dia yang dinamakan "The right man on the right time and right moment". Fotografer Colleen Pinski siap untuk perjalanan ke ujung bumi untuk mendapatkan gambar yang menakjubkan dari gerhana matahari.

Wanita 27 tahun ini melesat 370 mil untuk menemukan tempat yang sempurna untuk melihatnya setelah sehari sebelumnya mengetahui bahwa peristiwa alam yang menakjubkan akan terjadi.

Dan foto ini menunjukkan usahanya yang berharga meskipun menghabiskan berjam-jam di mobilnya dari rumahnya di Colorado, Denver, ke Albuquerque, New Mexico.


Setelah Colleen menemukan lokasi yang sempurna ia masih harus menangkap gerhana dari 1.5 mil jauhnya. Gambar menakjubkan diatas menunjukkan upaya Colleen tidak sia-sia dengan foto yang sempurna dan indah dari seorang anak yang dibingkai oleh gerhana pada 20 Mei.

Colleen mengatakan ia hampir menyerah tetapi terus berusaha karena dia tahu itu akan menjadi kesempatan sekali dalam seumur hidup.


Dia berkata, "Suami saya dan saya menemukan sebuah toko di Denver yang dapat meminjamkan lensa foto super.. Kami juga menyewa sebuah cermin panas untuk melindungi sensor kamera dan beberapa filter ND."


"Kami berkendara ke Albuquerque, mengambil foto di sepanjang jalan. Gerhana tersebut terjadi pada pukul 7:36 waktu setempat dan kami tiba di sana pada pukul 5:45 dan menemukan lokasi tepat dan bisa langsung menyiapkan peralatan kami."


"Kami menemukan sebuah taman bagus yang kita bisa duduki rumputnya. Saya hanya melihat layar LCD pada kamera untuk melindungi mata dan tidak langsung ke matahari. Saya menggunakan Canon 7D."


"Pada saat gerhana sedang setengah terjadi seorang pria berjalan tepat di tengah dan terbingkai sempurna untuk diambil fotonya. Saya tidak tahu siapa dia atau apa yang sedang ia pegang, tapi saya pikir itu adalah kertas dengan lubang jarum sehingga ia bisa menonton gerhana."
SelengkapnyaDISINI...

5 Fenomena Unik Anak Kembar

Diposting oleh GaBohong

Anak kembar biasanya akan tampak mirip, seumuran atau berpenampilan sama. Namun dalam kasus tertentu anak-anak kembar bisa tergolong unik karena berbeda satu sama lain.

Berikut kasus-kasus anak kembar yang tergolong unik dan tidak biasa dari penjuru dunia:


1. Kembar tapi beda warna, satu hitam satu putih


Kian dan Remee (7 tahun) merupakan saudara kembar yang dilahirkan dari rahim ibu yang sama. Tapi jika dilihat, dua gadis ini tampak sangat berbeda. Kian memiliki kulit yang hitam, rambut hitam dan mata cokelat besar, tampak seperti gadis keturunan Afrika. Sedangkan Remee berkulit putih, rambut pirang dan mata biru layaknya gadis bule.


Meski tampak berbeda, dua gadis ini benar-benar kembar yang lahir dengan jarak hanya satu menit.

Kian dan Remee mewarisi 1 dari 1 juta kombinasi gen orangtua mereka, ibu berkulit putih sedangkan ayah berkulit hitam.


Walaupun berbeda warna kulit, rambut dan mata, saudara kembar ini memiliki senyum nakal yang sama dan memiliki ikatan batin yang sangat dekat.


Kini mendekati ulang tahunnya yang ketujuh, Kian dan Remee tidak pernah bertanya mengapa mereka tidak terlihat sama, juga tidak pernah mengalami prasangka rasial.


“Mereka seperti contoh sempurna. Mereka tidak peduli dengan warna kulit mereka. Ini bukan menjadi masalah besar yang seperti orang lain lihat. Hal ini tidak penting sama sekali bagi mereka,” ujar sang bunda Kylee Hodgson (25 tahun), yang tinggal di Dudley, West Midlands, seperti dilansir Dailymail, Sabtu (31/3/2012).


Kian dan kakaknya Remee yang berumur 60 detik lebih tua, lahir pada April 2005 melalui operasi caesar. Saat lahir, Kylee mengatakan dua gadis kecilnya memiliki mata biru yang indah, tapi rambut Remee pirang sedangkan Kian hitam dengan warna kulit lebih gelap.


Kian dan Remee kecil terlihat hampir sama. Kylee pun berpikir keduanya akan terlihat sama dengan berjalannya waktu. Namun semakin besar, perbedaan pada dua gadis ini semakin menonjol.


Warna mata Kian berubah menjadi gelap dan kulitnya pun semakin gelap. Kulit Remme tetap putihh dengan rambut keriting pirang.


“Orang-orang akan bertanya kenapa kami menggunakan anak-anak dengan pakaian yang sama. Saya hanya akan mengatakan karena mereka kembar. Banyak yang tidak percaya dan pergi, semacam kesal dengan saya pada awalnya. Tapi semua orang di daerah saya harus tahu mereka adalah saudara kembar dan menerimanya,” ujar Kylee.


Kemungkinan perkawinan ras campuran untuk mendapatkan anak kembar beda warna sangat langka, hanya 1 berbanding 1 juta. Warna kulit diyakini ditentukan oleh tujuh gen berbeda yang bekerja sama.


Jika orangtua berasal dari ras campuran, telur atau sperma akan mengandung campuran kode genetik untuk kulit baik hitam dan putih. Namun, jika kedua telur dan sperma mengandung semua gen putih, bayi akan memiliki kulit putih. Dan jika keduanya hanya mengandung versi yang diperlukan untuk kulit hitam, bayi akan menjadi berkulit hitam. 

2. Kembar tapi beda ayah

Putra kembar dari Charlotte Hilbrandt, Marcus dan Lucas tidak identik alias memiliki perbedaan fisik dan mental yang nyata. Marcus berperawakan pendek, gemuk, energik dan berambut merah, sedangkan Lucas lebih jangkung, berambut pirang dan cenderung kalem.


Tak heran jika sifat anak kembar ini sangat berbeda, sebab tes DNA mengungkap fakta yang sangat mencengangkan.

Marcus dan Lucas adalah saudara kembar dari satu ibu, namun dipastikan 100 persen keduanya berasal dari 2 ayah yang berbeda.


Kasus ini hanya terjadi pada 1 dari 1 miliar kelahiran anak kembar, karena keduanya berasal dari ayah yang berbeda.


Charlotte Hilbrandt, perempuan 36 tahun asal Aalbaek, Denmark cukup beruntung dikaruniai anak kembar yang kini sudah menginjak usia 6 tahun. Keduanya yakni Marcus dan Lucas sama-sama lahir tanggal 23 Agustus 2005 dan hanya terpaut tepat 48 menit.


Meski lahir nyaris bersamaan, kedua bocah ini tidak kembar identik alias memiliki perbedaan fisik dan mental yang nyata. Marcus yang lahir lebih dulu pada pukul 01.35 berperawakan pendek dan gemuk namun enerjetik dan berambut merah, sedangkan Lucas yang lahir pukul 02.23 lebih jangkung, berambut pirang dan cenderung kalem.


Tak heran jika sifat kedua anak kembar ini bagaikan bumi dan langit, sebab hasil tes DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) mengungkap sebuah fakta yang sangat mencengangkan. Marcus dan Lucas adalah saudara kembar dari satu ibu, namun dipastikan 100 persen keduanya berasal dari 2 ayah yang berbeda!


Sebelum mengandung anak kembar, Charlotte berstatus sebagai istri dari Michael dan telah memiliki 2 anak yakni Philips (12 tahun) dan Victor (8 tahun). Namun pada Agustus 2004, pasangan suami istri ini bercerai karena merasa ada ketidakcocokan yang tidak mungkin lagi dipertahankan.


Karena tidak ingin terlalu lama menjanda, Charlotte segera bertemu pacar barunya bernama Tommy di sebuah bar di Aalbaek. Singkat cerita, 2 sejoli ini langsung akrab hingga suatu ketika keduanya tidak bisa menahan diri untuk berhubungan intim.


Tak disangka, mantan suami Charlotte, Michael masih berharap bisa rujuk dan pada suatu ketika berhasil meluluhkan hati mantan istrinya. Mungkin karena terhanyut romantisme masa lalu, pasangan ini terlibat hubungan intim hanya dalam jeda 48 jam sejak Charlotte melakukan hal yang sama dengan Tommy.


Skandal itu akhirnya terungkap juga sehingga Michael dan Tommy sama-sama menuntut kejelasan status siapa ayah kandung dari kedua anak kembar tersebut. Meski penasaran, Charlotte dan kedua pria tersebut belum melakukan tes DNA hingga Marcus dan Lucas berusia 1 tahun.


Kebenaran akhirnya terungkap dan anehnya, tidak ada satupun pihak yang dikecewakan oleh hasil tes DNA. Charlotte dan kedua pria ini sama-sama berhak menjadi orangtua kandung, karena Marcus memiliki kecocokan DNA dengan Michael sedangkan Lucas mewarisi DNA Tommy.


Kasus kembar dari 2 ayah yang berbeda seperti yang dialami Charlotte terbilang sangat langka. Dikutip dari Mirror.co.uk, Minggu (28/8/2011), kejadian ini hanya terjadi pada 1 dari 1 miliar kasus kelahiran bayi kembar.



3. Saudara kembar tapi beda jarak lahir sampai 5 tahun


Reuben dan Floren Blake merupakan saudara kembar yang lahir dari batch embrio yang sama, yang dihasilkan dari perawatan IVF (In vitro fertilisation atau bayi tabung) dari sel sperma dan sel telur orangtuanya.


Bayi kembar biasanya lahir hanya berjarak beberapa menit, tapi hal itu tidak berlaku bagi Reuben Blake dan adiknya Floren Blake. Mereka adalah saudara kembar namun berbeda waktu lahir hingga 5 tahun.

Reuben dan Floren Blake merupakan saudara kembar yang lahir dari batch embrio yang sama, yang dihasilkan dari perawatan IVF (In vitro fertilisation atau bayi tabung) dari sel sperma dan sel telur orangtuanya.


Tapi sementara embrio Reuben berhasil ditanamkan pada tahun 2006, embrio Floren yang berusia 7 minggu terus dibekukan hingga tahun lalu.


Kini kedua orangtua mereka, Jody dan Simon, merasakan sangat senang bisa berbagi cerita tentang perbedaan usia yang luar biasa di antara anak ‘kembar’ mereka.


“Saya memberitahu semua orang. Orang-orang tertarik melihat bayi kami yang baru lahir dan saya merasa sangat sulit untuk menahan godaan untuk mengatakan ‘Omong-omong, mereka kembar lho,’,” ujar Simon Blake (45 tahun), ayah si kembar Reuben dan Floren Blake yang bekerja sebagai dosen bisnis, seperti dilansir Dailymail, Kamis (5/1/2012).


Menurut Simon, setiap orang yang mendengar ceritanya merasa benar-benar kagum dan sangat terkejut.


“Saya pikir orang-orang benar-benar terkejut dan perlu beberapa menit untuk bisa kembali tersadar. Saya jelas telah hamil selama 9 bulan dengan lancar dan saya berpikir ‘Kami mendapatkan kembaran Reuben, itu sangat istimewa’,” jelas Jody (38 tahun), ibunda si kembar yang bekerja sebagai pekerja amal.


Jody dan Simon Blake memulai program perawatan kesuburan pada tahun 2005. Selama proses medis, lima embrio berhasil dihasilkan dan dua diantaranya telah ditanamkan dalam rahim Jody, yang berhasil melahirkan Reuben pada 9 Desember 2009.


Tiga embrio yang tersisa terus dibekukan oleh pasangan yang berasal dari Cheltenham, Gloucestershire ini, yang kemudian mereka memutuskan untuk mencoba memiliki anak lagi pada Maret tahun lalu.


Hanya satu embrio yang selamat dari proses pencairan dan 39 minggu kemudian Floren lahir ke dunia melalui operasi caesar. Reuben sangat terpesona pada adiknya. Dia tahun bahwa adik perempuannya tersebut sudak lama ada di dalam mesin pendingin.


“Mereka terlihat sangat mirip. Reuben hanya versi lebih besar dari Floren ketika dia lahir, jadi pasti ada kemiripan secara fisik,” jelas Jody.


Dokter yang menangani perawatan kesuburan keluarga Blake di Bristol Centre for Reproductive Medicine mengatakan keputusan untuk membekukan embrio IVF yang tersisa adalah cara aman untuk memiliki lebih dari satu anak.


“Kami sangat sering merekomendasikan untuk menyimpan kelebihan embrio, sehingga mereka dapat digunakan di kemudian hari. Sayangnya, karena kesempatan cara kerja alam, tidak semua orang dapat memiliki surplus embrio dan tentu saja tidak semua orang sukses dengan embrio yang mereka punya,” jelas Dr Valentine Akande dari Bristol Centre for Reproductive Medicine. 

4. Kembar tapi yang satu kerdil

Sienna dan Sierra Bernal adalah kembar dari Texas yang memiliki rambut pirang panjang, senang belanja dan senang berakting serta menyanyi. Tapi persamaannya terhenti di situ karena salah satunya memiliki gangguan dwarfisme (bertubuh kecil). Si kembar ini punya tubuh yang berbeda jauh karena satu normal satu kerdil.


Sierra memiliki tinggi 152 cm dan berat badan 35,1 kg, sedangkan Sienna atau akrab dipanggil Sinny memiliki tubuh lebih pendek yaitu bertinggi badan 121 cm dan berat badan 12,6 kg.

Kondisi ini menjadikannya satu-satunya kembar di dunia yang mana salah satunya mengalami primordial dwarfism (gangguan pertumbuhan yang membuatnya bertumbuh pendek).


Bahkan selama kehamilan, tubuh Sinny di dalam rahim begitu kecil sehingga dokter tidak mengetahui kalau kehamilan Chrissy (ibunda si kembar) adalah kembar hingga usia kehamilan 6 bulan, Chrissy pun melahirkan sebulan kemudian (usia kehamilan 7 bulan).


Saat dilahirkan berat badan Sinny hanya 0,45 kg lebih kecil dibanding Sierra, tapi ia memiliki sejumlah masalah kesehatan lainnya, yaitu sebuah lubang di jantung, adanya bagian otak yang hilang (dikenal dengan sindrom Dandy Walker) dan penyakit paru kronis. Sedangkan Sierra lahir dengan kondisi tubuh yang sehat.

Masalah kesehatan yang dimiliki oleh Sinny sejak lahir tidak memberikan petunjuk bahwa ia akan memiliki primordial dwarfism. Dan keluarga diberi diagnosis tersebut saat usia Sinny belum genap 6 tahun.

“Kami pergi ke ahli genetika dan pada saat itu lebih dari 1 dokter yang kami temui, setelah melalui beberapa tes barulah ia didiagnosis sebagai primordial dwarfism,” ujar Chrissy, seperti dikutip dari FoxNews, Jumat 24/6/2011).


Seseorang yang memiliki primordial dwarfism biasanya mencapai tinggi badan maksimum sekitar usia 12 tahun, sehingga ada kemungkinan Sinny tidak bisa tumbuh lebih tinggi lagi. Selain itu kondisi ini sering disertai dengan masalah pada tulang, gigi, mata atau pencernaan.


Ketika berusia beberapa bulan jantung Sinny mulai diperbaiki, ia harus menggunakan kacamata, dan beberapa waktu kemudian ia menggunakan alat bantu dengar karena tulang-tulang di telinganya terlalu kecil. Tapi ia tetap memiliki senyum dan rasa humor yang tinggi.

Berdasarkan data dari Potentials Foundation diperkirakan orang yang memiliki primordial dwarfism di seluruh dunia kurang dari 200 orang. Saat ini ada 5 jenis primordial dwarfism.


Tapi dokter percaya bahwa tipe yang dimiliki oleh Sinny belum diidentifikasi. Ahli genetik dari Scottish Rite Hospital di Dallas, Texas sedang mempelajari gen yang dimiliki Sinny dan berharap bisa menemukan lokasi mutasi gen yang terjadi dan mengetahui jenisnya.


Sierra sendiri telah menjadi pelindung bagi adiknya, terutama jika ada orang yang berkomentar tidak mengenakkan mengenai Sinny. Kondisi ini membuat Sienna tumbuh lebih cepat dari yang seharusnya.


“Saya cukup mudah melihat siapa teman sejati saya, jika Anda tidak menyukai Sinny karena ia berbeda maka Anda tidak akan bisa mendapatkan saya juga sebagai teman,” ujar Sier.


5. Gadis ‘kembar cermin’


Dua gadis cantik ini memang kembar identik yang memiliki kesamaan DNA, namun keduanya mengembangkan organ yang letaknya saling berlawanan sehingga banyak yang menyebutnya ‘kembar cermin’.


Gadis kembar Erin dan Ashley Hatfield (23 tahun) berasal dari monozigot, yang berarti tubuh mereka terbentuk dari satu telur yang dibuahi seperti kembar identik lainnya.


Yang unik, organ-organ dalam mereka terlihat seperti bayangan pada cermin yang saling berlawanan. Jantung Erin bergeser sedikit ke sisi yang berlawanan dari saudara kembarnya Ashley.

“Kami selalu mengatakan bahwa organ kami telah bergeser. Itulah sebabnya mengapa dokter kami mengatakan jika tubuh kami dibuka maka organ akan tampak berbaris seperti tubuh dan bayangan di cermin satu sama lain,” jelas Erin Hatfield, yang berasal dari Augusta, Georgia, seperti dilansir Dailymail, Rabu (30/5/2012).


Tak hanya organ dalam, fitur di wajah si kembar ini juga saling berlawanan. Bila diperhatikan, mata kiri Erin sama dengan mata kanan Ashley, sisi wajah kanan Erin pun identik dengan sisi kiri wajah Ashley.


Erin juga seorang kidal yang melakukan kegiatan menulis atau makan dengan tangan kiri, sedangkan Ashley kebalikannya melakukan aktivitas dengan tangan kanan.


“Jika dia duduk di depanku dan makan atau menulis dengan tangan kiri, maka saya akan terlihat seperti bayangan di cerminnya yang makan dengan tangan kanan. Artinya, jika kami berdiri saling berhadapan kami akan menjadi refleksi satu sama lain,” jelas Ashley.


Kepribadian keduanya pun berbeda. Erin seorang yang pendiam sedangkan Ashley kebalikannya. Erin suka menjadi pendengar sedangkan Ash sangat cerewet dan suka bicara. ‘Kembar cermin’ adalah hasil pembelahan blastokista (sekelompok sel yang memproduksi embrio dalam tubuh wanita) yang tertunda.


Setelah satu sperma membuahi sel telur tunggal, sekelompok sel yang dikenal sebagai blastokista terbentuk. Ketika blastokista membelah, ada dua embrio yang dihasilkan sehingga menciptakan kembar.


Jika blastokista terbagi menjadi dua bagian terpisah dalam 9-12 hari pertama, kembar identik akan lahir. Tapi jika ada keterlambatan dalam pembelahan, si kembar menjadi bayangan cermin satu sama lain dan mengembangkan fitur asimetris.

SelengkapnyaDISINI...

Mengecat Asteroid untuk Hindari Tabrak Bumi

Diposting oleh GaBohong

Ilmuwan mencari cara menghindarkan Bumi dari bencana asteroid

Asteroid tak boleh diremehkan. Pada 65 juta tahun lalu batu angkasa raksasa menghantam Bumi dan memicu punahnya spesies dinosaurus. Juga yang lolos dan memicu ledakan di Podkamennaya, Tunguska, Siberia, 30 Juni 1908. Ancaman makin besar seiring makin padatnya bumi.

Sementara, versi Hollywood fokus pada bahan peledak berjumlah besar atau mengirim pesawat luar angkasa dalam misi kamikaze untuk membelokkan asteroid, para ahli Amerika Serikat (AS) mengatakan, kenyataan mungkin lebih sederhana, atau lebih aneh.

Para ahli yakin, asteroid yang sangat pucat bisa merefleksikan cahaya matahari, dari waktu ke waktu, foton yang memantul dari permukaannya bisa menciptakan tenaga lebih dari cukup untuk mendorong asteroid dari lintasannya menuju Bumi.

Masalahnya, asteroid adalah batu angkasa yang gelap. Lalu bagaimana cara membuatnya pucat?

Para peneliti mengutarakan usul, menggunakan pistol paintball untuk menyemprotkan cat putih ke asteroid.

Sung Wook Paek, lulusan  Department of Aeronautics and Astronautics MIT mengatakan, di waktu yang tepat, kapsul berisi bubuk cat, diluncurkan dengan dua pesawat luar angkasa yang melayang dekat asteroid, di depan dan bagian belakang. Cara itu akan meningkatkan reflektivitasnya dua kali lipat. Nantinya, foton matahari akan membelokkan arah asteroid.

Proposal stategi yang diajukan Paek memenangkan ajang  2012 Move an Asteroid Technical Paper Competition,  yang disponsori Space Generation Advisory Council, salah satu lembaga di bawah PBB, yang menghimpun solusi-solusi kreatif yang terkait dengan masalah luar angkasa dari pelajar maupun profesional muda. Paek mempresentasikan makalahnya bulan ini pada International Astronautical Congress di Naples, Itali.

Strategi paintball Paek sebenarnya adalah pengembangan dari solusi yang diajukan pemenang tahun lalu, yang mengajukan usul, membelokkan asteroid dengan awan kapsul berisi cat padat.

Dalam proposalnya, Paek menggunakan Asteroid Apophis sebagai studi kasus. Batu angkasa seberat 27 gigaton diketahui akan melayang dekat Bumi pada tahun 2009, kemudian tahun 2036.

Paeh menyebut, lima ton cat dibutuhkan untuk menutupi permukaan asteroid yang berdiameter 1.480 kaki atau 451 meter.

Dengan memanfaatkan periode rotasi asteroid rotasi, pesawat diluncurkan untuk menutupi bagian muka asteroid dengan cat, lalu bagian belakang.

Saat pelet menghantam permukaan asteroid, mereka akan meledak, menutupi permukaan batu angkasa itu dengan cat setebal 5 mikrometer.

Dari perhitungannya, Paek memperkirakan, butuh waktu 20 tahun untuk mengakumilasikan tekanan radiasi matahari, agar sukses mendorong asteroid.

Sementara, menurut dia, meluncurkan kapsul cat dengan roket tradisional mungkin bukan ide baik. Karena peluru bisa pecah akibat dorongan roket. Lebih baik jika peluru itu dibuat di Stasiun Luar Angkasa Internasional misalnya.

Tak hanya cat, kapsul juga bisa diisi dengan aerosol, untuk memperlambat laju astorid. "Atau Anda mungkin ingin sekedar mengecat sebuah asteroid agar ia lebih mudah diawasi dari Bumi, menggunakan teleskop," kata Paek. "Ada banyak kegunaan lain dalam metode ini."

Bom nuklir
Sebelumnya, sejumlah ilmuwan telah mengusulkan berbagai metode untuk menghindari tabrakan asteroid. Beberapa di antaranya mengusulkan proyektil atau pesawat luar angkasa untuk ditabrakkan dengan asteroid yang berpotensi menabrak Bumi. Badan Luar Angkasa Eropa atau European Space Agency (ESA) saat ini sedang menginvestigasi kemungkinan menggunakan cara ini.

Metode lain, salah satunya dengan meledakkan sebuah bom nuklir di dekat asteroid atau menggunakan  pesawat ruang angkasa sebagai 'traktor gravitasi', tujuan keduanya sama, yakni membelokkan arah asteroid.

SelengkapnyaDISINI...

Pelaku Bakar Diri dari Masa ke Masa

Diposting oleh GaBohong

Bakar diri sebenarnya memiliki tradisi selama berabad-abad di beberapa budaya, sebagai bentuk persembahan ataupun protes. Sementara di zaman modern seperti sekarang ini, bakar diri telah menjadi menjadi satu bentuk protes politik yang cukup radikal yang kerap dilakukan para aktifis seperti Thich Quang Duc di Vietnam sampai Sondang Hutagalung di Indonesia. Berikut 5 orang pelaku bakar diri di dunia dari masa ke masa:

1. Thich Quang Duc, Vietnam 


http://anehdidunia.blogspot.com
 
Thich Quang Duc adalah seorang biksuMahayana asal Vietnam yang membakar dirinya sampai mati di persimpangan jalan yang sibuk di Saigon pada tanggal 11 Juni 1963. Duc melakukan aksi protesnya ini guna menentang penganiayaan umat Buddha oleh administrasi Katolik Roma Vietnam Selatan. Sahabat anehdidunia.blogspot.com foto pengorbanan diri-nya beredar luas di seluruh dunia dan mengantarkan Malcolm Browne memenangkan Hadiah Pulitzer untuk foto terkenal kematian biarawan itu. Setelah kematiannya, tubuhnya dikremasi sebagai simbol kasih sayang yang menjadikan umat Buddha menghormati dia sebagai seorang Bodhisattva.

2. Jan Palach, Cekoslowakia 


http://anehdidunia.blogspot.com
 
Jan Palach adalah seorang mahasiswa Cekoslowakia yang meninggal setelah membakar dirinya sebagai bagian dari protes atas invasi tentara Uni Soviet dan Pakta Warsawa ke negaranya. Aksinya ini mendorong bergulirnya gerakan reformasi “Musim Semi Praha”. Jan Palach lahir di VÅ¡etaty, 11 Agustus 1948 – meninggal di Praha, 19 Januari 1969 pada usia 20 tahun.


3. K. Muthukumar, India 


http://anehdidunia.blogspot.com
 
Bakar diri yang dilakukan K. Muthukumar terjadi pada tanggal 29 Januari 2009 di Chennai, Tamil Nadu, India. Dia membakar dirinya sendiri atas peristiwa genosida minoritas Sri Lanka Tamil di Sri Lanka sebagai bagian dari aksi protes Tamil di India. Sebelum kematiannya, ia membagikan pernyataan empat halaman dalam bahasa Tamil.

Muthukumar lahir di distrik selatan Tuticorin, Tamil Nadu, India. Dia bekerja sebagai wartawan sebelum kematiannya. Pemakamannya menarik ribuan pelayat termasuk politisi India seperti Vaiko, Thol Thirumavalavan dan S. Ramadoss. Kematiannya juga menyebabkan protes lebih lanjut oleh siswa di seluruh Tamil Nadu.

4. Mohamed Bouazizi, Tunisia 


http://anehdidunia.blogspot.com
 
Mohamed Bouazizi adalah seorang penjual jalanan di Tunisia yang membakar dirinya pada 17 Desember 2010, sebagai protes terhadap penyitaan barang dagangannya dan juga pelecehan dan penghinaan yang dilakukan oleh seorang pejabat kota dan ajudannya. Tindakannya menjadi awal bergulirnya Revolusi Tunisia dan menyebarnya Revolusi Arab Spring yang lebih luas ke berbagai negara. Kemarahan publik dan kekerasan meningkat setelah kematian Bouazizi, yang menyebabkan pecahnya demonstrasi dan kerusuhan di seluruh Tunisia hingga Presiden Zine El Abidine Ben Ali turun tahta pada 14 Januari 2011, setelah 23 tahun berkuasa. Keberhasilan protes Tunisia memicu protes di beberapa negara-negara Arab lainnya, ditambah beberapa negara non-Arab, dalam upaya untuk mengakhiri pemerintahan otokratik yang telah berkuasa lama.


5. Sondang Hutagalung, Indonesia 



http://anehdidunia.blogspot.com

 
Sondang Hutagalung adalah mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bung Karno (UBK) angkatan 2007, yang nekat melakukan aksi membakar diri di depan Istana Negara beberapa hari lalu. Sahabat anehdidunia.blogspot.com aksi Sondang diduga dilakukan sebagai bentuk protes terhadap pemerintah yang dinilainya lamban dalam mengentaskan permasalahan hukum dan HAM di Indonesia. Sondang merupakan anak bungsu dari empat bersaudara. Ayahnya seorang sopir taksi dan ibunya tidak bekerja. Dia tinggal bersama keluarganya di Pondok Ungu, Bekasi.

Sondang selama ini dikenal aktif di organisasi pergerakan mahasiswa. Dia menjabat sebagai Ketua Bidang Organisasi Himpunan Aksi Mahasiswa Marhaenis Untuk Rakyat Indonesia (Hammurabi), Aktifis “Sahabat Munir”. Di mata teman-temannya, Sondang dikenal sebagai sosok aktivis yang kerap terlibat dalam berbagai upaya advokasi pelanggaran HAM. Sondang Hutagalung akhirnya meninggal dunia dalam perawatan di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Sabtu 10 Desember 2011 pada pukul 17.50 WIB.
SelengkapnyaDISINI...

Inilah Logo Google yang Pernah Ditolak

Diposting oleh GaBohong

http://anehdidunia.blogspot.com
Seharusnya merayakan: Hari Anak 2003.
Alasan penolakan: Terlalu kekanak-kanakan.


http://anehdidunia.blogspot.com
Seharusnya merayakan: 150 tahun adanya Rokok.
Alasan penolakan: Terlalu politis tidak benar.

http://anehdidunia.blogspot.com

Seharusnya merayakan: 50 tahun perayaan Penempatan Produk.
Alasan penolakan: Starbucks tidak cukup membayar.

http://anehdidunia.blogspot.com

Seharusnya merayakan: 5 Tahun Moto Google "Jangan jahat."
Alasan penolakan: Terlalu terobsesi diri.

http://anehdidunia.blogspot.com

Seharusnya merayakan: ulang tahun Mondrian ke-130 .
Alasan penolakan: Terlalu abstrak.

http://anehdidunia.blogspot.com

Seharusnya merayakan: 90 tahun perayaan Undang-Undang Hak Cipta.
Alasan penolakan: Potensi pelanggaran merek dagang untuk menggunakan simbol ©.

http://anehdidunia.blogspot.com

Seharusnya merayakan: 20 tahun perayaan Nintendo Entertainment System.
Alasan penolakan: pengaduan oleh Pet Duck Association.

http://hermawayne.blogspot.com

Seharusnya merayakan: ulang tahun Googol yang ke-65, 1 dengan 100 nol.
Alasan penolakan: Terlalu norak.

http://anehdidunia.blogspot.com

Seharusnya merayakan: Ini adalah salah satu dari dua konsep untuk menghormati MC Escher.
Alasan penolakan: Terlalu mengerikan.

http://anehdidunia.blogspot.com

Seharusnya merayakan: Dua dekade gambar JPEG algoritma kompresi.
Alasan penolakan: Kompresi terlalu merugikan.
SelengkapnyaDISINI...

7 Pengobatan Teraneh

Diposting oleh GaBohong

Zaman sekarang semua orang lebih mementingkan teknologi, apalagi dalam masalah pengobatan. Padahal masih banyak pengobatan dengan cara tradisional yang tidak diragukan untuk menyembuhkan suatu penyakit.. Berikut ini beberapa cara pengobatan tradisional tergila yang pernah dipercaya pada zamannya

1. Pengobatan AIDS Afrika Selatan: Bercinta dengan Perawan


Sebuah survey menemukan lebih dari 1/3 masyarakatnya percaya pada pengobatan kuno yang unik ini. Yap.. bercinta dengan perawan, yang dipercayai mampu membersihkan kuman-kuman dalam tubuh penyebab penyakit AIDS. Mitos ini muncul di Afrika Selatan yang merupakan negara dengan tingkat kekerasan seksual tertinggi

2. Pengobatan Inggris Kuno untuk Malaria: Jaring Laba-laba


Beberapa dekade lalu saat sebuah wabah malaria menjalar secara cepat di berbagai belahan dunia, bermacam pengobatan digunakan untuk mengatasi penyakit ini. Salah satu obat yang paling unik waktu itu adalah tablet yang dibuat dari gulungan jaring laba-laba.

Bukti dari khasiat tablet ini memang telah memudar beberapa abad lalu namun kini justru telah dikembangkan obat sejenis berbahan laba-laba yang masih hidup.

3. Pengobatan Mesir Kuno untuk Infeksi Mata: Darah Kelelawar


Masyarakat Mesir kuno pernah mengalami masa-masa sulit saat wabah kebutaan menyerang wilayah itu, karena curah matahari yang cukup tinggi serta diperparah dengan adanya badai gurun.

Untuk menangani masalah ini, para dokter di zaman Mesir kuno menggunakan darah kelelawar yang diteteskan pada mata pasiennya. Mereka berpikiran bahwa kelelawar memiliki pandangan yang tajam sehingga obat ini mereka gunakan pada para pasiennya.

4. Obat Sakit Perut dari Cina: Empedu Monyet


Empedu monyet merupakan pengobatan yang telah lama digunakan masyarakat Cina. Bukan hanya untuk penyakit mata, obat ini digunakan juga sebagai ramuan anti sakit perut. Sedangkan darah dari monyet-monyet ini digunakan untuk obat kuat.

Di Indonesia pun masih ada yang memakai kera sebagai obat. Mereka menggunakan otak kera sebagai obat penyakit impotensi.

5. Obat anti Penuaan: Mandi Bir


Di kota Chodova Plana, Czech Republic, terdapat sebuah “pusat kesehatan bir” yang merupakan pertama dan satu-satunya di dunia. Di sana mereka menawarkan perawatan dengan sarana mandi air hangat yang dicampur dengan air mineral dan juga bir. Terapi ini diyakini mampu mencegah dari penuaan terutama bagi para wanita.


6. Obat Radang Tenggorokan: Kotoran Anjing

“Album graecum” merupakan sebutan untuk kotoran anjing atau hyena yang telah memutih karena berada di udara terbuka.

Zaman dahulu kotoran anjing ini digunakan untuk pengobatan tradisional dan biasanya dicampur dengan madu. Campuran kotoran anjing plus madu ini mampu membersihkan tenggorokan sehingga diyakini mampu mengobati peradangan pada tenggorokan.

7. Obat Impotensi dari Peru: Jus Kodok

Sering disebut dengan Viagra dari Peru. Sangat cocok untuk mereka para pengidap lemah syahwat. Permintaan pasar untuk produk ‘Extracto de rana’ (Jus Kodok) ini sangat tinggi di kota Lima, Peru.

Selain untuk impotensi, jus ini juga mampu mengobati penyakit lainnya seperti, asma, bronkitis, dan penyakit pernafasan lainnya. Namun ada satu bahan campuran yang ternyata meningkatkan khasiat dari jus ini yaitu Maca, yang berupa tumbuhan sebagai obat kuat berasal dari Amerika Selatan.

SelengkapnyaDISINI...

Inilah Daftar Kalajengking Mematikan

Diposting oleh GaBohong

Death stalker, Leiurus quinquestriatus

Type: Terrestrial, Opportunistic Burrower
Origin: Timur Tengah dan Afrika Utara
Size: 10-13 cm
Temperamen: agresive

deathstalker dikenal sebagai spesies yang memiliki racun paling mematikan racunnya adalah campuran dari berbagai racun neurotoxin yang sangat kuat (kaga tau dah neurotoxin apaan tp kyknya bahaya) yang dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat tidak tertahankan, kemudian demam, diikuti dengan koma, kejang-kejang, kelumpuhan dan kematian. Untungnya, untuk manusia dewasa yang sehat, walaupun menyakitkan, tapi tidak dapat membunuh. Anak kecil, orang tua dan individu yang lemah (misalnya jantung lemah)berada pada kelompok beresiko tinggi akan kematian bila tersengat kalajengking ini..


Arabian Fat-tailed scorpion, Androctonus crassicauda

Type: Terrestrial dessert
Origin: Timur Tengah dan Afrika Utara
Size: sekitar 10 cm
Temperamen: kaga terlalu agresive

fat-tailed scorpion atau Androctonus merupakan salah satu spesies kalajengking paling beracun di dunia. namanya aj "Androctonus" yang berarti man-killer. Diantara seluruh spesies Androctonus mungkin yang paling bahaya adalah Arabian Fat-tailed Scorpion ini, racun yg dia miliki bisa menyaingi racun Deathstalker. racun yang spesies ini miliki juga terdiri dari neurotoxin. Spesies ini bertanggung jwb atas kematian beberapa orang tiap tahunnya. Saat ini masih menjadi perdebatan siapakah kalajengking paling mematikan, apakah Deathstalker atau Arabian Fat-tailed


Yellow Fat-tailed scorpion, Androctonus australis

Type: Terrestrial
Origin: Timur Tengah, Afrika Utara, India
Size: lebih dari 9 cm
Temperamen: kadang agresive kadang calm

sesuai dengan jenisnya yaitu jenis "Androctonus", yellow fat-tailed merupakan jenis yg sangat mematikan, walaupun racun nya tidak sekuat Deathstalker ataupun Arabian fat-tailed, racun yellow fat-tailed bisa membunuh seseorang dalam waktu 2 jam apabila tidak segera diberi serumnya (tidak berpengaruh thdp orang dewasa yg sehat). mendapatkan serumnya juga tidak gampang, bahkan di AS saja dalam mendapatkan serumnya sangat sulit


Black Spitting Thicktail Scorpion, Parabuthus transvaalicus

Type: Opportunistic Burrower
Origin: Afrika
Size: sekitar 12 cm
Temperamen: cukup agresive

juragan ad yg tau knp jenis yg satu ini mendapat julukan Black Spitting Thicktail Scorpion?? Ini dikarenakan mereka bisa menyemburkan racun mereka seperti halnya kobra. racun yg mereka semburkan dapat sampai berjarak 1 meter, dan apabila terkena mata dapat menyebabkan rasa yg sangat perih dan kebutaan sementara, namun kebutaan ini bisa jadi permanen jika racun tidak segera dibersihkan, kemampuannya inilah yang membuat ia dianggap sbg spesies yg cukup berbahaya, namun kadar racunnya tidak tergolong mematikan. walapun begitu racun yg dimiliki jenis ini berbahaya untuk anak2 dan orang yg alergi terhadap racun ini.

 
Striped bark scorpion, Centruroides vittatus

Type: Opportunistic Burrower
Origin: Amerika Utara
Size: 5-7 cm
Temperamen: tidak agresive

seperti byk kalajengking lainnya, jenis ini juga gampang ditemukan disekitar habitatnya. namun karena kedekatan nya dgn manusia, jenis ini (walaupun tidak agresive) cukup sering merugikan manusia. sengatannya sangatlah menyakitkan. untuk beberapa orang dapat terjadi selama 15-20 menit dan tidak jarang sampai hingga 2-3 hari. namun jenis ini jarang sekali hingga menyebabkan kematian, beberapa laporan menyebutkan bahwa jenis ini bertanggung jwb atas kematian beberapa orang namun itu semua masih menjadi perdebatan.

Ini untuk Kalajengking yang ada di Indonesia...

 
Asian Forest Scorpion, Heterometrus longimanus

Type: Terrestrial
Origin: Asia bagian selatan termasuk Indonesia
Size: 10-12 cm
Temperamen: sangat agresive

Ia sangatlah mirip dengan emperor scorpion, namun sifatnya sangat berbeda. Asian forest merupakan jenis yg sangat agresive dan cukup bersifat defensive sehingga sering merasa terancam sehingga sering terlihat berada dalam posisi siap menyerang. berbeda dgn jenis2 kalajengking di atas, bila terancam Asian forest jarang menyengat menggunakan ekornya, mereka lebih sering menyerang dgn menggunakan capitnya yg cukup besar untuk membuat kita berdarah racun yg dimiliki oleh Asian forest tidak mematikan (dikatakan hanya sekuat sengatan tawon) mungkin karena itu ia lebih mengandalkan capitnya yg kuat

SelengkapnyaDISINI...

4 Bunga Terunik SeDunia

Diposting oleh GaBohong

1. Rafflesia Arnoldi
http://tjacing.files.wordpress.com/2008/11/3646842-travel_picture-rafflesia_arnoldi_grows_in_taba_penanjung_bengkulu.jpg
Tanaman parasit ini memiliki kelopak terbesar di dunia, yang dapat mencapai garis tengah 1 meter. Bunga ini berwarna cerah, dengan bintik bintik putih.

Bau bunga ini busuk dan memiliki bagian tengah seperti mangkuk yang mampu menampung sekitar 5-6 liter cairan. Bunga ini tidak memiliki daun, batang atau akar sama sekali. Hanya tumbuh menumpang di akar pohon inangnya. Bunga ini ternyata native Indonesia lho!


2. Dracunculus Vulgaris
Bunga yang biasanya tampil dengan bau harum, kali ini berbeda sekali. Baunya seperti daging yang busuk terendam di air, dengan bagian tengah bunga yang berwarna hitam keunguan, yang dikelilingi oleh kelopak berwarna kemerahan.
http://www.west-crete.com/flowers/photos/dracunculus_vulgaris-1.jpg


3. Amorphophallus

http://media.arstechnica.com/journals/science.media/amorphophallus_titanum.jpg
Secara harfiah, arti dari kata ini adalah "penis tanpa bentuk". Nama ini berasal dari bagian spadix (bagian tengah bunga) yang tampil seperti bentuk penis yang tegak berdiri.
http://www.jambiexplorer.com/images/bigpics/tnksAmorphophallus-titanumm.jpg


4. Hydnora Africana

http://www.oxford.bcss.org.uk/picture%20gallery/plants/mary/Hydnora%20africana%20at%20Cornel%27s%20Kop.JPG
Bunga dengan warna kulit ini adalah tanaman parasit yang akan menyerang akar tanaman semak di daerah kering di padang pasir Afrika Selatan.

Bunga yang mekar dengan bau menyengat ini memang bertujuan untuk menarik serangga, terutama kumbang yang biasanya memakan bangkai hewan busuk.
 
SelengkapnyaDISINI...