Tips Untuk Bos yang Menyebalkan

Diposting oleh GaBohong

bos menyebalkan"Begini salah, begitu salah. Maunya Si Bos apa, sih?” Nah, daripada menggerutu apalagi buru-buru resign, intip celahnya!

Menghadapi Bos yang yang menyebalkan memang makan hati. Tak heran bila niat untuk pindah kerja seringkali muncul karenanya. Eits, sebelum memutuskan hengkang, lebih baik ikuti dulu beberapa tips Jessica Jillian Widjaja, S.Psi,.  dari Experd Consultant .

Kenali Kebutuhannya

Ada dua cara memahami kebutuhan atasan, yakni secara individual atau melalui rekan kerja/senior Anda. Secara individual, Anda dapat bertanya secara langsung atau mengobservasi secara cermat kebiasaannya, gayanya bekerja, penekanan hal tertentu yang dianggap penting, sampai tutur kata yang biasa dilontarkan. Atau, bisa juga melalui rekan kerja/senior, lakukan sambil mengobrol santai di luar jam kantor dengan komunikasi positif

● Gunakan kata-kata positif, yaitu dengan menghindari kata-kata negatif seperti kata “tidak“. Misalnya, “Saya tidak tahu bagaimana mengerjakannya,” atau “Saya tidak mengerti apa yang Anda inginkan.” Akan terasa positif apabila kalimat di atas menjadi, “Saya akan mencari tahu bagaimana cara mengerjakannya” dan “ Bisa jelaskan maksud Bapak/Ibu supaya saya mengerti?”

● Gunakan bahasa tubuh (ekspresi) yang positif. Pada umumnya, atasan menyukai jika Anda menunjukkan atensi dengan menjaga kontak mata. Bahasa tubuh juga menunjukkan sikap menerima, mendukung, dan menghargai.

● Berikan energi positif saat berkomunikasi. Apabila komunikasi terjalin positif, maka energi positif dengan sendirinya akan terbentuk. Apabila hal ini belum terbentuk maka anda harus memperhatikan nomor 1 dan 2.

Jika komunikasi verbal tak mungkin dilakukan karena kondisi lelah, emosi sedang tinggi, atau atasan tak berada di tempat, sampaikan pesan dalam bentuk komunikasi nonverbal (e-mail  atau memo).

Kelola Emosi

Dalam situasi tertekan dan rentan konflik terhadap atasan, tetaplah tenang. Sikap tenang akan membantu Anda menemukan solusi dan menanggapi sesuatu secara rasional. Alihkan pikiran Anda dengan sharing  bersama teman atau melakukan kegiatan menyenangkan yang dapat mengembalikan stabilitas emosi.

Tetap Profesional

Apapun masalahnya, tunjukkan Anda tetap bertanggung jawab terhadap tugas dan mampu mempertahankan kualitas kerja. Etika dan etiket dalam bekerja juga mencakup bagian dari diri profesional yang harus diperhatikan. Bekerja profesional akan memperkecil kemungkinan atasan mencari-cari kesalahan.

Berdebat Dengan Bos

Perdebatan merupakan sesuatu yang sehat dalam suatu hubungan, termasuk hubungan atasan-anak buah. Pengertian perdebatan yang diperbolehkan, yakni lebih ke arah menyatakan pendapat yang diyakini benar disertai dengan bukti-bukti yang mendukung.

Sebagai anak buah yang baik, Anda harus berupaya tetap menjaga imej atasan, sehingga perdebatan yang terjadi jangan sampai bersifat menjatuhkan atau mempermalukan. Perhatikan sikap dan tutur kata saat berdebat dengan atasan, agar apa yang kita perdebatkan memberikan win-win solution dan bersifat membangun (konstruktif).

Bos Anda yang Mana?

Cari tahu tipe apa atasan Anda dan ubah kekesalan menjadi solusi!

Tipe Dominan
1. Suka mengontrol orang lain.
2. Meminta segala sesuatunya selesai sesegera mungkin.
3. To the point saat berbicara.
4. Fokus pada pencapaian keberhasilan target.
5. Hampir selalu berpikir logis.
6. Hebat mengatur anak buah.
7. Cepat menentukan keputusan.
8. Berani menghadapi tantangan, bertanggung jawab dan dapat diandalkan.

Anda harus...  Karena akan kewalahan bekerja bersamanya (deadline ketat, memberikan tugas-tugas yang banyak, ambisius, workacholic, bossy, dan selalu ingin menang), Anda harus pintar-pintar mengatur jadwal agar tepat waktu. Juga, jangan ragu mengajukan ide, tawarkan bantuan selama Anda masih bisa.

Tipe Persuasif
1. Optimis.
2. Senang bersosialisasi.
3. Pandai mengemas kata-kata untuk memengaruhi orang lain.
4. Cenderung bersikap subjektif.
5. Mementingkan suasana yang menyenangkan dalam bekerja
6. Suka bercerita/berbicara panjang lebar.
7. Senang jika ada orang yang memberikan penghargaan/pujian atas apa yang dilakukannya, mendengar ucapannya, dan membantu mengubah ide-ide dalam bentuk rencana tindakan.
8. Cenderung cerewet, gila pujian, kadang manipulatif, suka pamer, dan kurang dewasa.

Anda harus...Bagi bos macam ini, hubungan pribadi dengannya sangatlah penting. Mau tak mau, Anda memang harus mendekatkan diri dengannya. Untungnya tipe atasan ini tidak alergi dengan kritik, asal disampaikan dengan halus. Baginya yang terpenting adalah tim yang solid.

Tipe Pendukung
1. Kerap konsisten dengan kebijakan yang sudah diambil (suportif).
2. Memiliki emosi yang stabil (sabar, toleran).
3. Memiliki empati yang tinggi sehingga tak segan mendukung.
4. Senang dengan hal-hal yang familiar.
5. Suka menjadi bagian dari suatu hal/keikutsertaan.
6. Sulit menerima perubahan dan kurang inisiatif.

Anda harus...Tak perlu takut bernegoisasi dan berdebat, asalkan alasan yang diajukan masuk akal, atasan macam ini pasti tak keberatan.

Tipe Disiplin
1. Suka mengikuti aturan dan prosedur yang berlaku dan detail.
2. Penuh pertimbangan/kehati-hatian dan menyukai mem­buat perencanaan/strategi

Anda harus...Berhati-hati dalam beberapa hal, kadang mereka sangat kaku, suka mengkritik, terlalu perfeksionis, dan monoton.

sumber : http://jogja.tribunnews.com/2012/02/03/ini-tips-kalo-si-bos-menyebalkan
SelengkapnyaDISINI...

Tipe Cowok Jomblo yang Wajib Cewek Tahu

Diposting oleh GaBohong

JOMBLOlogy adalah ilmu yang membahas tentang JOMBLO. Dalam bahasa latin ‘jomblus’ artinya satu, sendiri atau single. JOMBLOlogy mempelajari sifat, kebiasaan, karakteristik, kelebihan, dan kekurangan berbagai tipe jomblo. Dimulai dari penampilan mereka dari luar sampai potensi mereka yang di dalam.
Jomblo dibagi menjadi 4 tipe dasar. Dimana kita akan membahas satu per satu ke-4 tipe tersebut, dan mungkin kita dapat melihat adanya kesamaan atau kemiripan di diri kita masing-masing:

JOMBLUS UNDERDOGUS

jomblus-underdogus
Yang pertama adalah jomblus underdogus, yang bisa kita sebut sebagai JOMBLO tipe-A. Jomblo ini cenderung mempunyai nasib buruk dalam segala hal yang berhubungan dengan perempuan. Ketika ada kesan bahwa nasibnya membaik jangan buru-buru bahagia sebab nasib baik tersebut akan berputar arah kembali menjadi buruk.
Apa yang dimiliki jomblo ini sangat minim, baik kelebihan maupun kekurangan. Tidak ada yang terlalu menonjol dari jomblo ini, yang menyebabkan jarang bagi lawan jenis untuk melirik/melihat. Kunci jomblo ini dalam mencari pasangan adalah PeDe, karena hanya dengan percaya diri yang kuat disitu terletak perjalanan cinta yang nikmat.
Karakteristik dari jomblo ini adalah:

* Penampilan pas pas-an
* Aura negatif
* Pribadi menarik
* Harga diri rendah

JOMBLUS PLAYBOYNUS

jombus-playboynus
Berikutnya adalah jomblus playboynus, atau kita sebut JOMBLO tipe-B. Jomblo tipe ini banyak ditemukan di sekitar kita. Jomblo yang terlihat nasibnya jauh lebih baik dari kita dalam hal mencari pasangan. Berbeda dengan tipe sebelumnya, jomblo ini mempunyai banyak kelebihan terutama bagian external. Seringkali kita bisa melihat jomblo tipe ini harus menyaring lawan jenis yang berdatangan ke arahnya.

Kelebihan jomblo ini dimulai dari penampilan fisik, kemampuan berbicara, kelihaian dalam pendekatan wanita dan lain-lain. Jomblo ini memilih untuk tidak mencari satu pasangan melainkan beragam pasangan. Meskipun terlihat serba hoky dari jomblo ini tetap mempunyai kelemahan. Ketidakmampuan jomblo ini dalam membina hubungan ‘one on one’ mungkin disebabkan karena kurangnya pengalaman berhubungan serius.
Karakteristik jomblo ini adalah:

* Penampilan menarik
* Aura magnetik
* Jago speak-speak
* Takut terikat

JOMBLUS MISTERRIUS

jomblus-misterrius

Kepribadian yang tersembunyi adalah sifat jomblus misterrius yang paling menonjol. JOMBLO tipe-C ini sangat ‘introvert’. Dari 100% yang ada di dalam pikirannya, hanya 10%-20% yang terekspresikan keluar. Jomblo ini kurang percaya diri hingga menyebabkan banyak sekali keinginan dan tekad yang tidak terlaksanakan.
Sebenarnya potensi jomblo ini besar dan penampilan secara fisikpun tidak mengecewakan, namun jomblo ini tidak dapat menggunakan kelebihan-kelebihannya sebagai alat komunikasi yang handal terhadap lawan jenis. Jomblo seperti ini cenderung menjadi pasangan yang setia karena perjuangan dan jerih payahnya untuk mendapatkan pasangan yang dia inginkan sangat berarti, sehingga beruntunglah untuk lawan jenis yang bisa melihat potensi jomblo yang satu ini.
Karakteristik jomblo ini adalah:

* Potensi tinggi
* Alat komunikasi lemah
* Pemburu jarak jauh
* Plin plan

JOMBLUS DITOLAKTRUS

jomblus-ditolaktrus
Sulit sebenarnya untuk menjelaskan secara detail tipe jomblus ditolaktrus ini. JOMBLO tipe-D ini adalah tipe jomblo yang paling unik – namun bukan dalam arti positif. Perilaku dan motivasi jomblo ini sulit untuk diperhitungkan. Banyak sekali tindakan-tindakan yang tidak masuk akal yang dilakukan jomblo ini dalam mencari lawan jenis.
Apa yang terlihat diluar kemungkinan itu juga yang akan terlihat dari dalam. Mungkin ini satu-satunya dimana kita bisa ‘judge the book by its cover’. Penampilannya yang kurang memadai menjadi suatu kelemahan yang mutlak dalam mencari pasangan. Namun jomblo ini tidak semuanya negatif, secara kepribadian dan sifat dasarnya jomblo ini adalah manusia yang jujur, setia dan baik hati.
Karakteristik jomblo ini adalah:

* Penampilan tidak memadai
* Invisible bagi lawan jenis
* Perilaku tidak jelas
* Lain dari yang lain

Sekian pelajaran tentang JOMBLOlogy, semoga ilmu ini dapat bermanfaat bagi para jomblo yang sedang mencari identitas dirinya dan berguna dalam menentukan cara dalam mendapatkan pasangan. Atas nama para jomblo-ers saya ucapkan terima kasih.


sumber :http://edisafran.blogspot.com/2010/08/tipe-tipe-cowok-jomblo-yang-perlu-cewek.html
SelengkapnyaDISINI...

15 Stadion Paling Besar di Dunia

Diposting oleh GaBohong

Stadion terbesar adalah ikon olah raga yang paling populer, meskipun itu sepak bola ataupun yang lain inilah beberapa nama stadion dan fotonya yang terbesar di dunia, Indonesia juga mempunyai stadion yang besar dan juga masuk dalam 15 Stadion terbesar di dunia yaitu apa lagi kalau bukan GBK (Gelora Bung Karno) sayang meskipun stadion kebanggaan masyarakat Indonesia ini masuk di 15 Stadion terbesar di dunia, tapi prestasi Olah raganya masih kalah di banding dengan negara lain.
Inilah Stadion-Stadion Terbesar di dunia yang memiliki kapasitas penonton Lebih besar dari pada yang lainnya.
1. Rungrado May Day Stadium
Terletak di Pyongyang, Korea Utara dan mampu menampung 150.000 penonton
2. Salt Lake Stadium
Terletak di Calcutta, India dan mampu menampung 120,000 penonton
3. Estadio Azteca
Terletak di Mexico City, Mexico Mexico dan mampu menampung 114,465 penonton
4. Bukit Jalil National Stadium
Terletak di Kuala Lumpur, Malaysia dan mampu menampung 110,000 penonton
5. Jawaharlal Nehru Stadium
Terletak di New Delhi, India dan mampu menampung 100,000 penonton
6. Melbourne Cricket Ground
Terletak di Melbourne, Australia dan mampu menampung 100,000 penonton
7. Camp Nou
Stadion ini di miliki oleh klub sepak bola BARCELONA, stadion ini terletak Barcelona, Spain yang mampu menampung 98,772 penonton
8. Est dio do Maracan
Terletak di Rio de Janeiro, Brazil mampu menampung 95,000 penonton
9. Wembley Stadium
Stadion ini adalah stadion kebanggaan warga Inggris terletak di London, England mampu menampung 90,000 penonton
10. Azadi Stadium
Terletak di Teheran, Iran stadion ini mampu menampung 90,000 penonton
11. Gelora Bung Karno Stadium
Stadion terbesar di Indonesia ini yang terletak di Jakarta, Indonesia mampu menampung 88,000 penonton
12. Luzhniki Stadium
Stadion ini terletak di Moscow, Russia mampu menampung 84,745 penonton
13. Telstra Stadium
Stadion ini terletak Sydney, Australia mampu menampung 83,500 penonton
14. Olimpiyskiy
Stadion ini terletak di Kyiv. Ukraine mampu menampung 83,450 penonton
15. Stadio Giuseppe Meazza
Stadion ini adalah stadion dari 2 klub besar di Italia yaitu Inter Milan dan AC Milan, tapi Untuk Stadion AC Milan Stadion ini bernama SAN SIRO, stadion ini terletak di Milan, Italia mampu menampung 82,955 penonton

sumber : http://www.terekspose.com/2011/09/15-stadion-terbesar-di-dunia.html
SelengkapnyaDISINI...

Kucing Moggy yang Hobi Renang

Diposting oleh GaBohong

Kucing moggy tengah berenang.
Kucing biasanya akan melakukan apapun untuk menghindari air. Namun, tidak dengan kucing ini. Tak hanya berenang, ia juga menggerak-gerakkan kakinya layaknya orang tengah mendayung.

Gambar yang diunggah oleh pemiliknya di  situs Youtube ini menunjukkan kucing moggie warna hitam dan putih melangkah 'penuh percaya diri' di pantai. Pelan-pelan, ia menenggelamkan sebagian tubuhnya dalam air, sebelum mulai 'mendayung' dan berenang ke tengah.

Setelah itu, kemudian diikuti oleh pemliliknya, seorang wanita, yang berenang bersama kucing kesayangannya. Mereka berenang menuju bebatuan di dekatnya.

Moggie tidak menunjukkan tanda-tanda tertekan sepanjang klip pendek itudan tampaknya santai ketika berenang. Bahkan, ia lebih gesit berenang ketimbang wanita yang mengikutinya.  

Tak banyak informasi mengenai siapa pemilik dan nama kucing itu, kecuali bahwa rekaman itu difilmkan di Rusia. Sampai hari ini, video ini dikunjungi ratusan ribu netter, dan 1.500 di antaranya meninggalkan komentar atau tanda like

sumber : http://www.tempo.co/read/news/2012/03/02/121387522/Kucing-Ini-Hobi-Berenang
SelengkapnyaDISINI...

DI Jepang, Lukisan Indah Ini dari Sawah

Diposting oleh GaBohong

Ini bukanlah semacam seni crop circles. Namun, orang Jepang punya kesenian membentuk sawah menjadi gambar raksasa. Jika Anda berkunjung ke Inakadate, Jepang, 1.500 m2 sawah disulap menjadi semacam lukisan yang indah.

Di Jepang, sawah tidak hanya dijadikan media untuk menanam padi, tetapi juga dijadikan tempat untuk berkreasi seni. Dikutip dari wikipedia, Kamis (1/3/2012), karya seni membentuk sawah ini bernama Tanbo.

Sawah-sawah unik bergambar ini bisa Anda lihat di Desa Aomori, Inakadate, utara Jepang. Tradisi menanam padi ini dimulai sejak tahun 1993. Eksplorasi seorang arkeolog pada saat itu menyatakan kalau tanah di Inakadate telah ditanam padi sejak 2.000 tahun lalu.


Sebagai penghormatan sejarah tersebut, penduduk di Inakadate mulai bertani dan berkreasi di sawahnya, kemudian dipublikasi. Sejak saat itu, para petani di Inakadate pun rutin menjadikan sawahnya sebagai media seni.

Setiap tahun, para petani berkreasi dengan menciptakan aneka gambar menarik tercipta di atas sawah. Tema yang diambil pun berbeda-beda, seperti drama, perang, iklan, atau tokoh fiksi lainnya. Pada tahun 2009 gambar yang dibuat adalah Napoleon dan Minamoto no Yoshitsune di tahun 2010.

Saat musim tanam tiba, sekitar 8.000 petani mulai membuat gambar di atas sawah seluas 15.000 m2 dan menanam padi sesuai pola. Untuk pewarnaan, mereka mengambil dari varietas padi yang berbeda. Jenis padi yang berbeda ini dimaksudkan agar hasil yang didapatkan bisa maksimal. Jenis padi yang digunakan adalah tsugaru-roman untuk warna hijau, kodaimai untuk warna kuning dan merah.

Ketika musim panas berlangsung, padi mulai tumbuh dan karya seni pun mulai terlihat. Warna padi yang semula hijau, mulai mengalami perubahan. Kemudian pada bulan Juli, ketika padi telah matang, pengunjung pun bisa melihat karya seni indahnya.

Untuk pengunjung yang ingin melihat dan mengabadikan lukisan di atas sawah ini, harus naik ke menara setinggi 22 meter. Dari ketinggian, gambar yang tercipta bisa terlihat jelas. Sekitar 150.000 wisatawan datang ke Inakadate untuk melihat karya seni tak biasa ini. Selain Inakadate, daerah Yonezawa di Yamagata juga memiliki sawah unik ini.

Sumber : http://travel.detik.com/read/2012/03/01/182107/1855858/1025/simlabim-sawah-disulap-jadi-lukisan-di-jepang?d992201287
SelengkapnyaDISINI...

Inilah Manfaat Nonton Olahraga

Diposting oleh GaBohong

Tidak semua orang gemar menonton acara olahraga, dan hal ini tentu harus dihargai. Bagaimanapun juga, selera orang tidak dapat dipaksakan, bukan? Namun jika Anda sering menonton liga sepakbola karena menemani pasangan, misalnya, sebaiknya jangan merasa terpaksa melakukannya. Sebab, menjadi penonton acara olahraga ternyata mempunyai banyak manfaat.

"Saling terikat karena olahraga, baik menang atau kalah, akan menguatkan ikatan, membantu kita merasa didukung, dan membuat kita lebih mudah terbuka mengenai hal-hal pribadi," ujar Renee Clauselle, PsyD, pemilik klinik psikologi pribadi di Long Island, NY.

Ketika Anda dan teman-teman menjagokan tim yang sama, hal ini akan menciptakan rasa kekeluargaan, tambah Daniel Wann, PhD, profesor dari Murray State University yang memelajari psikologi penggemar olahraga selama lebih dari 20 tahun. Ketika Anda bertemu dengan orang lain yang sama-sama menjagokan tim lokal, misalnya, "Anda akan segera membangun koneksi dengan orang lain di sekitar Anda," katanya.

Apa manfaat lain dari menonton acara olahraga?

1. Jadi termotivasi untuk bergerak

Melihat betapa kencang kaki petenis Maria Sharapova, atau betapa ramping perut perenang Dara Torres, pasti akan mendorong Anda untuk ikut memilikinya. Anda bahkan tidak perlu berlatih dengan standar seorang atlet. Keberhasilan seorang teman lari mengelilingi Stadion Utama Senayan lima kali (padahal semula satu kali keliling saja sudah ngos-ngosan!) tentu juga akan memacu Anda untuk melakukan pencapaian yang sama.
"Anda mungkin akan melihat mereka berjalan, tertawa-tawa, bersenang-senang, lalu berpikir, 'Kalau mereka bisa, aku pasti juga bisa'," kata Dr Wann. "Semakin Anda terkoneksi dengan olahraga (melalui atlet atau olahraganya sendiri), semakin mampu memengaruhi Anda untuk ikut bergerak."

2. Nonton pertandingan itu sama dengan olahraga

Menurut penelitian, hanya dengan duduk menonton pertandingan olahraga, perempuan dengan berat badan rata-rata 70 kg bisa membakar lebih dari 100 kalori. Padahal, saat Anda menonton langsung pertandingan sepakbola di stadion, atau nonton bulutangkis di lapangan, tentu Anda tidak akan cuma duduk. Anda akan duduk, berdiri, melonjak-lonjak, berteriak-teriak, sambil mengacung-acungkan tangan untuk memberi semangat. Efek yang sama juga akan Anda dapatkan ketika Anda menontonnya melalui televisi bersama teman-teman di kafe. Tak dapat tempat duduk? Nggak masalah! Dengan berdiri sepanjang pertandingan, Anda bisa membakar 150 kalori! Butuh cemilan? Kudap saja kacang.

3. Anda lebih panjang umur

Anda kurang suka nonton pertandingan secara langsung, dan memilih untuk menonton melalui televisi. Boleh, tapi usahakan untuk mengajak teman-teman. Bila mungkin, adakan acara nonton bareng di rumah secara rutin. Sebab menjaga jejaring sosial yang kuat, khususnya dengan teman-teman yang sehat, akan meningkatkan peluang hidup lebih lama hingga 50 persen. Anda juga akan melipatgandakan peluang untuk mengalahkan penyakit kanker, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan mencegah flu, demikian menurut penelitian dari Brigham Young University study.

"Pertemanan yang sportif dapat membantu Anda mengatasi stres, sehingga kemungkinan mengalami pengaruh fisik dan emosional yang negatif akan berkurang," kata Julianne Holt-Lunstad, PhD, profesor psikologi yang memimpin studi ini.

4. Baik untuk hubungan Anda

Pria paling senang jika Anda menemani nonton pertandingan olahraga, meskipun Anda sebenarnya tidak begitu menikmatinya. Namun, ketika Anda membiasakan untuk nonton, lama-kelamaan Anda akan mengerti permainannya, dan akhirnya jadi menyukainya. Jika tim kesayangannya menang, si dia akan melepaskan hormon testosteron yang mendongkrak libidonya, dan perasaan senang ini akan terbawa di tempat tidur. Tidak heran, menonton acara olahraga akhirnya menjadi sarana quality time bagi pasangan. Riset juga menunjukkan, berbagi minat yang sama bisa mendongkrak keharmonisan rumah tangga. Perkawinan yang saling mendukung baik untuk kesehatan jantung, dan membantu Anda hidup lebih lama.

5. Bikin Anda lebih cerdas

Nonton pertandingan olahraga bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan membantu Anda tetap terorganisasi. Peneliti dari Univesity of Chicago dalam studinya pada tahun 2008 mengungkapkan bahwa menonton pertandingan akan menjadi latihan bagi otak. Dalam eksperimennya, 12 pemain hockey tingkat kampus, delapan penggemar hockey, dan sembilan orang yang tidak pernah menonton atau memainkan olahraga hockey, diminta mendengarkan siaran pertandingan hockey, sementara sebuah mesin merekam fungsi otak mereka. Setelah itu, mereka diberi tes untuk menganalisa pemahaman mereka.

Eksperimen tersebut menyimpulkan, atlet dan penggemar olahraga tersebut tidak hanya dapat memahami permainan lebih baik, tetapi juga mengalami aktivitas otak di area motorik yang berhubungan dengan perencanaan, pengawasan, dan penampilan. Hal ini menunjukkan bahwa penonton olahraga dapat membantu Anda menyerap dan mencerna informasi sebaik jika Anda juga memainkan olahraga tersebut.

sumber : http://www.yaiyalah.com/2012/03/tahukah-kamu-apa-manfaat-suka-nonton.html
SelengkapnyaDISINI...

Nanotechnologi Bisa Sembuhkan Layar Ponsel Retak

Diposting oleh GaBohong


Teknologi nano yang digunakan dalam pendekatan
Teknologi nano yang digunakan dalam pendekatan "repair and go" (sumber: www.nature.com)
Seperti sel darah putih

Sejumlah ilmuwan dari University of Pittsburgh dan University of Massachusetts, Amerika Serikat menciptakan pendekatan ala teknologi nano untuk menyembuhkan layar telepon seluler atau tablet yang pecah.

Pendekatan yang disebut "repair and go" itu seperti membuat perangkat mobile bisa menyembuhkan dirinya sendiri ketika layar atau badan perangkat itu retak.

Teknologi itu menggunakan mikrokapsul berisi partikel nano yang bisa memperbaiki permukaan perangkat mobile dan bisa menambah daya tahan dari perangkat itu.

Dalam sebuah karya ilmiah yang dipublikasikan bulan lalu di Nature Nanotechnology itu, tim ilmuwan dari dua universitas itu menjelaskan bahwa penemuan mereka itu terinspirasi dari sel darah putih pada manusia yang bisa menyembuhkan luka.

Dalam pendekatan yang mereka kembangkan itu partikel nano yang sangat fleksibel akan mengisi permukaan yang retak lalu terus bergerak untuk mencari retakan lain.

sumber : http://www.beritasatu.com/iptek/34438-sembuhkan-layar-ponsel-retak-dengan-teknologi-nano.html
SelengkapnyaDISINI...

Dengan Kodok, Gempa Bisa Terdeteksi

Diposting oleh GaBohong

Pada tahun 2009 lalu, sejumlah kodok di L'Aquila, Italia menghilang dari kolam-kolam setempat, tiga hari sebelum gempa besar.

Nona Grant, pakar biologi dari Universitas Terbuka, mengamati koloni kodok di L'Aquila sebagai bagian dari penelitiannya.


"Sangat dramatis," katanya. " 96 kodok menghilang dalam waktu tiga hari. Setelah itu saya dihubungi oleh NASA," imbuhnya.

Bersama para ilmuwan dari badan ruang angkasa Amerika Serikat, mereka mempelajari perubahan kimia yang terjadi saat bebatuan di perut bumi mengalami tekakan besar. Mereka juga tengah meneliti apakah perubahan itu terkait dengan eksodus masal kodok.

Menurut pakar geofisika, Friedemann Freund, mengatakan bebatuan di kerak bumi yang mengalami tekanan besar, mengeluarkan partikel. Partikel-partikel yang terlepas di udara saat mencapai permukaan Bumi menjadi molekul udara yang disebut ion.


 Perubahan kimia ini dapat mempengaruhi bahan organik yang larut di air dan menjadikan bahan ini beracun untuk binatang yang tinggal di air. Itulah penyebab hewan seperti kodok bisa mendeteksi perubahan aneh yang terjadi di alam.

Mekanisme ini rumit dan para ilmuwan mengatakan proses ini perlu diuji lagi secara cermat.

Senada dengan Freund, hipotesa para peneliti (dalam laporan yang diterbitkan di Jurnal Internasional untuk Penelitian Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat) mengatakan batu-batu di kerak Bumi mengeluarkan partikel bermuatan, sebelum gempa dan hal ini mempengaruhi air.

Para ilmuwan memperkirakan kodok dapat mendeteksi perubahan ini sebelum lempeng tektonik bergeser. Dr Freund mengatakan sikap binatang ini dapat menjadi salah satu dari sejumlah hal yang dapat digunakan sebagai petunjuk gempa.

 Foto gempa di L'Aquila, Italia (new.sky.com)

"Begitu kita mengerti semua sinyal ini dan melihat ada empat atau lima petunjuk yang mengarah pada hal yang sama, maka kita bisa memperkirakan sesuatu akan terjadi," ujar Dr Freund, seperti dikutip dari BBC Nature.

Hewan memang lebih peka terhadap gejala-gejala yang terjadi di alam. Kita sebagai manusia masih harus banyak belajar pada alam. Ini menjadi bukti betapa hebat hasil ciptaan Tuhan, bukan?

sumber : http://www.apakabardunia.com/2012/02/kodok-bisa-mendeteksi-gempa.html 
SelengkapnyaDISINI...

Di Eropa, Permen Jahe Sangat Terkenal

Diposting oleh GaBohong

Siapa yang tahu harga permen jahe saat ini? Maklum, semakin jarang dijual di warung-warung sekitar kita. Permen jahe biasanya diproduksi oleh industri rumahan, jadi kalah bersaing dengan permen lain hasil pabrik.

Siapa sangka, permen ini ternyata sudah ratusan tahun terkenal di Eropa. Setidaknya begitulah yang tertuang dalam tulisan John Joseph Stockdale dalam bukunya Island of Java.



Petualang asal Inggris ini menyatakan dalam bukunya, Belanda mengirimkan sebanyak 5.000 kilogram produk yang disebut dengan candied ginger dari Batavia ke Eropa pada tahun 1778. Melihat jumlahnya, sangatlah besar untuk ukuran pada masa itu.

Penganan ini digemari oleh masyarakat Eropa karena dirasakan pas untuk kondisi alam mereka yang dingin.


 Selain itu, penganan tradisional ini juga memiliki kemampuan untuk menghangatkan badan, menyegarkan tenggorakan dan menyembuhkan kembung dan menghangatkan badan dan menyegarkan tenggorokon.

Hebatnya lagi, permen jahe juga terpilih sebagai salah satu permen khas Indonesia yang tak kalah terkenal dibanding dengan Nougat (Perancis) atau Gummy Bear (Jerman).

sumber : http://www.apakabardunia.com/2012/02/permen-jahe-populer-di-eropa.html
SelengkapnyaDISINI...

Ada 493 Situs Harta Karun di Indonesia

Diposting oleh GaBohong

harta karun
Pantas saja si pemburu harta karun Michael Hatcher senang melakukan perburuan di Indonesia. Dari data Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Ditjen PSDKP) Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), ada 493 situs arkeologi bawah laut di Indonesia.
"Ada 493, menurut maping yang ada," ujar Dirjen PSDKP KKP Aji Sularso dalam jumpa pers di kantornya, Jl Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Kamis (29/4/2010).

Dari 493 ini, kurang dari 10 persennya yang sudah dieksplorasi. Maklum, dana untuk survei dan mengangkat muatan kapal ini tidak sedikit. Apalagi jika terjebak dalam lumpur di dasar laut.

"Bisa jutaan dolar," terang Aji.

Namun Aji menjelaskan tidak semua kapal tersebut masih berisi harta karun. Kadang kapalnya masih ada, tapi muatannya sudah tidak ada.

"Penjarahan itu banyak terjadi di Selat Glasa, di sekitar perairan Bangka Belitung," ungkapnya.

Michael 'Mike' Hatcher lahir di York, Inggris, tahun 1940. Hidup masa kecilnya kurang beruntung. Dia menetap di sebuah panti asuhan. Pada umur 14 tahun, dia hijrah ke Australia. Perburuan muatan kapal karam dimulai tahun 1970 dengan sebuah yacht tua yang direnovasi.

Pada 1981 berhasil mengangkat isi kapal tenggelam di Malaysia, tahun 1985 di Tanjung Pinang Indonesia, dan tahun 1998 di Indonesia. Di dunia internasional dia dijuluki 'The Wreck Salvage King' (Raja Penyelamat Kapal Karam).

Saat berhasil mengangkat kapal Geldermasen milik VOC di Karang Heliputan, Tanjung Pinang, tahun 1985-1986, Hatcher mendapatkan 126 emas batangan dan 160 ribu benda keramik dinasti Ming dan Ching. Nilainya tidak kurang dari US$ 15 juta saat itu.

Lalu Hetcher mengangkat kapal Tek Sing di Perairan Kepulauan Bangka, Sumatera Selatan tahun 1999 lalu. Nilainya Rp 500 miliar. Kini Hatcher diduga muncul kembali di perairan Blanakan, Subang. Jika Hatcher berhasil mengangkat harta karun dari Subang, maka ini akan menjadi rekor selama karirnya. Diperkirakan porselen dinasti Ming yang tenggelam di sana tidak kurang dari US$ 200 juta.

sumber: http://faktaduniaunik.blogspot.com/2010/05/wow-ada-493-situs-harta-karun-di.html
SelengkapnyaDISINI...

Malas Gosok Gigi Bisa Bikin Diabetes

Diposting oleh GaBohong

gosok gigi
Banyak dokter gigi berhasil mendeteksi penyakit diabetes seorang pasien gigi, sekalipun mungkin belum disadari oleh si pasien, yang ditandai dengan terjadinya kelainan yang terdapat di dalam rongga mulutnya. Diabetes cuma gara-gara malas gosok gigi? Apakah Anda mau mengambil risiko tersebut?

Gambaran khas penderita diabetes yang ditemukan saat pemeriksaan gigi adalah goyangan gigi dan kerusakan tulang pendukungnya yang merata di seluruh sel gigi. Sekalipun sakit gigi tidak dapat membuktikan kelainan penyakit lain secara langsung.

Apa itu diabetes melitus?

Diabetes melitus dalam istilah awam sering disebut sebagai penyakit gula, yakni penyakit di mana terjadi kekurangan hormon insulin dalam darah sehingga kadar gula dalam darah menjadi tinggi.

Lalu, apa pengaruh sakit gigi terhadap perkembangan penyakit diabetes melitus?

Sebenarnya, koneksi tersebut berasal dari kegiatan yang sangat sederhana sekali, yaitu makan. Makanan yang kita makan dan dikunyah oleh gigi akan diubah menjadi glukosa. Glukosa akan diubah menjadi glikogen dengan bantuan insulin, glikogen akan diubah menjadi glukagon. Sebagian dari glukagon akan disimpan di dalam darah dan hati.

Contoh bentuk keterikatan diabetes melitus yang dapat pula menyebabkan sakit gigi adalah makan malam. Makan malam akan meningkatkan kadar gula dalam darah secara bertahap. Kebiasaan tersebut tidak baik, apalagi bila setelah makan lupa menggosok gigi dan langsung tidur.

Berikut ini contoh sebab-akibat keterkaitan antara dua penyakit tersebut.

1. Lupa gosok gigi, lalu tertidur hingga pagi setelah makan.

Tanpa kita sadari sisa makanan yang didiamkan dalam jangka waktu panjang akan mengendap. Semakin menumpuknya endapan plak pada gigi akan membentuk karang gigi yang membuat warna gigi tidak cerah kembali, apalagi efek makanan manis yang mengandung glukosa dan zat asam.

Zat asam sangat jahat untuk kesehatan gigi. Endapan zat asam yang menguat akan mempermudah menggempur kekuatan gigi. Gigi bolong adalah salah satu hasil kejahatan zat asam.

2. Kebiasaan tidur setelah makan malam akan mengendapkan zat gula atau glukosa ke peredaran darah.

Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat ternyata sebagian besar mengandung kadar gula. Oleh karena itu, para pengidap diabetes sangat dilarang makan malam. Pengendapan gula berlebihan inilah yang memicu terjangkitnya penyakit diabetes melitus.

3. Selain itu, kadar gula yang tinggi di dalam darah akan menyebabkan sirkulasi darah tidak begitu lancar dan sering kali diikuti dengan adanya kekentalan pada darah.

Serabut kecil pembuluh darah manusia ujung parifernya berada di ujung permukaan gusi. Keadaan inilah yang menyebabkan sirkulasi perubahan antigen di dalam tubuh. Ada produksi imunologi, seperti aktivitas kemotaksis dam netrofil yang menurun.

Keabnormalan ini ditandai dengan adanya kehilangan perlekatan gusi yang sangat cepat dan parah, disebut sebagai periodontitis agresif. Dalam kondisi ini sering ditemukan gigi-geligi yang goyang secara serempak, pada seluruh gigi yang ada. Tanda khasnya tidak adanya akumulasi plak dan kalkulus, tidak sesuai dengan kerusakan jaringan periodontal yang terjadi.

Adapun gejala utama dari diabetes, terutama di malam hari adalah:
1. Poliuria (sering buang air kecil)
2. Polidipsi (sering merasa haus sehingga banyak minum)
3. Poliphagia (sering merasa lapar
4. Lemas dan
5. Berat badan turun tanpa sebab yang jelas.

Selain gejala utama yang dialami penderita diabetes, terdapat juga kelainan di dalam mulut yang sering menyertai diabetes melitus, yaitu
1. Xerostomia (mulut terasa kering)
2. Fungsi kalenjar air liur terganggi sehingga air liur sedikit dan menyebabkan mulut berbau aseton
3. Penyakit periodontal (penyakit jaringan penyangga gigi)
4. Karena terjadi penyempitan pembuluh darah, terjadi pendarahan gusi, gusi dan rongga mulut memucat, serta infeksi pada gusi
5. Rasa berdenyut pada gigi, tanpa adanya karies gigi
6. Adanya kandidiasis alias jamur di mulut
7. Terjadinya pendiutan tulang rahang yang cepat sehingga gigi mudah goyang dan
8. Penyembuhan luka terganggu termasuk luka di dalam dan di luar rongga mulut. Hal inilah mengakibatkan radang tenggorokan dan sariawan akut.

Dengan mengetahui beberapa gejala yang berkaitan dengan komponen mulut, diharapkan kita bisa mengenali lebih dini penyakit diabetes sehingga bisa mencegah komplikasi lebih lanjut.

Sakit gigi bukanlah sesuatu yang pantas diremehkan. Sebab jika dibiarkan, kerusakan gigi serius bisa memicu timbulnya penyakit lain. Kencing manis atau diabetes merupakan salah satu dari sekian banyak penyakit yang bisa hadir akibat sakit gigi yang ditelantarkan.

Pada umumnya, orang yang memiliki penyakit diabetes biasanya punya masalah dengan gigi. Hal itu diperkuat oleh studi penelitian Amerika Serikat (AS) yang menyatakan penderita kerusakan gigi kronis bisa menjadi pengidap penyakit diabetes tipe 2. Ahli diabetes dan gigi di Inggris menyetujui hasil riset itu walau perlu penelitian lebih dalam lagi.

Bakteri mudah sekali masuk ke aliran darah dan mengganggu sistem kekebalan tubuh pada gigi yang mempunyai kerusakan parah. Sel sistem kekebalan tubuh yang rusak melepaskan sejenis protein yang di sebut cytokines. Cytokines inilah penyebab kerusakan sel pankreas penghasil insulin-hormon yang memicu diabetes.

Kondisi ini bersifat estafet ke beberapa penyakit yang sebetulnya tidak ada sama sekali. Sistem penularan paralel ini betul-betul dapat mempengaruhi kondisi saraf-saraf gigi semakin tegang dan perkembangan diabetes pun semakin bereaksi cepat.

Penemuan peneliti AS ini diumumkan saat simposium National Institute of Dental and Craniofacial Research di Marryland. Dr Anthony Lacopino, ahli gigi di Marquette University School of Density, Wisconsin mengatakan bahwa di dalam pankreas, sel yang bertanggung jawab sebagai penghasil insulin dirusak oleh kandungan cytokines yang tinggi. Jika ini terjadi sekali saja, seseorang berpeluang menderita diabetes tipe 2 walaupun orang itu sebelumnya dalam keadaan sehat.

Menurut Lacopino, tingginya kandungan kolesterol dari glukosa yang dibutuhkan tubuh merupakan faktor utama pemicu resiko diabetes bagi orang yang mengalami kerusakan gigi. Kolesterol rendah dapat menolong orang sehat untuk tidak terserang problem gangguan gigi yang mampu memicu diabetes.

Alangkah baiknya jika orang sehat ikut menjaga kesehatan giginya agar tidak berisiko terkena diabetes. Sementara itu, penderita diabetes sebaiknya mengikuti diet rendah kalori, rajin mengonsumsi obat pengatur hormon insulin, dan menjaga kesehatan gigi.

Radang gusi adalah jenis penyakit gigi yang paling ringan disebabkan oleh bakteri dalam plak. Ciri khasnya adalah bau mulut yang tidak sedap. Penyakit ini masih bisa disembuhkan, tetapi jika disepelekan tanpa perawatan yang lebih lanjut bisa berkembang menjadi penyakit gigi yang parah juga.

Plak yang menempel pada rongga antara gusi dan gigi mampu menimbulkan infeksi dan menyebabkan kasus serius. Bahkan pada stadium tertentu gigi harus dicabut.

Diabetes merupakan kondisi dimana tubuh tidak mampu meregulasi kandungan glukosa. Artinya, tekanan darah bisa menjadi sangat tinggi. Pengobatan dengan insulin bisa membantu mengontrol jumlah glukosa pada aliran darah.

Pada diabetes tipe 2, insulin diproduksi sangat sedikit sehingga tidak cukup jumlahnya untuk keperluan tubuh manusia. Biasanya hal ini sangat berpengaruh pada orang berusia diatas 40 tahun. Untuk mengatasinya dibutuhkan diet teratur dan mengonsumsi pil atau suntikan reguler.

British Dental Association (BDA) mengatakan bahwa segala yang terjadi di tubuh manusia selalu bisa dihubungkan dengan penyakit gangguan gigi. Oleh karena itu, bukan tidak mungkin bahwa diabetes hanya salah satu gangguan kesehatan yang ada hubungannya dengan penyakit gigi.

BDA juga menyarankan agar setiap orang membiasakan menggosok gigi dua kali sehari dengan pasta gigi flouride serta mengunjungi dokter gigi secara reguler.

Sebagai informasi tambahan, lebih dari 200 juta penduduk dunia menderita diabetes. Dari hasil penelitian epidemologi, 2,4-3,75 juta penduduk Indonesia menderita diabetes melitus.

Penulis
drg. Chairunnisa Amarta Sp.BM,MNLP
Dokter gigi spesialis bedah mulut, dosen, penulis buku dan praktisi hypnodontia.
Tulisan ini disari dari bukunya 'Hypnodontia, Wawasan baru perawatan gigi'.

sumber : http://health.detik.com/read/2012/02/22/120003/1848764/775/diabetes-bisa-cuma-gara-gara-malas-gosok-gigi?l11755775
SelengkapnyaDISINI...

Seni Dahsyat dari Ban Bekas

Diposting oleh GaBohong

















sumber : http://foto-unik.blogspot.com/2009/01/ban-bekas.html
SelengkapnyaDISINI...

5 Dinosaurus Unik Masa Prasejarah

Diposting oleh GaBohong

Ada banyak binatang unik yang hidup saat ini, baik unik dalam sisi bentuk badan, dalam mencari makan, berkembang biak dan sebagainya.
Tetapi hanya sedikit yang mengetahui bagaimana uniknya binatang yang hidup pada jaman prasejarah. Dan berikut adalah 5 dinosaurus yang mempunyai bentuk yang cukup unik berdasarkan dari fosil yang telah ditemukan.

1. Deinotherium
Mahluk jenis ini mempunyai postur seperti gajah, tidak hanya besar mereka juga memiliki sepasang taring dibawah mulutnya (gading). Bentuk taring atau gading uang unik ini mungkin mempunyai fungsi sebagai alat penggali tanah untuk mendapatkan makananan berupa akar pepohonan dan juga sayuran.
Umur gadingnya relatif lebih singkat dibandingkan dengan Proboscidean (gajah jaman prasejarah) lainnya. Deinotherium mempunyai ukuran antara 12-15 meter, membuat mereka salah satu mamalia terbesar yang ada di bumi.

2. Therizinosauridaes
Theropoda misterius terkenal karena leher panjang dan cakar besar mereka, panjang cakarnya mencapai satu meter. Namun, tidak seperti kebanyakan theropods (dinosaurus berkaki dua) lain, mereka herbivora (setidaknya hampir sebagian besar dari mereka). Beberapa dari Therizinosauridaes mungkin memiliki bulu lebat yang panjang.






3. Epidexipteryx
Epidexipteryx memberikan sejarah evolusi burung yang cukup menarik untuk dipelajari. dinosaurus ini termasuk dalam keluarga Scansoriopterygidae (dalam bahasa artinya climbing wings atau sayap pendaki), tidak mempunyai bulu-bulu untuk terbang, tetapi memiliki empat bulu yang panjang pada ekornya. Bulu ini tidak mempunyai fungsi apa-apa, hanya sebagai pajangan saja, mungkin dari situlah nama Epidexipteryx didapatkan (Display Feather).
Epidexipteryx hidup di China sekitar 152-168 juta  tahun  yang lalu dan juga termasuk sebagai salah satu dari dinosaurus terkecil, hanya mencapai 25 cm (tidak termasuk tinggi bulu ekornya) tingginya sebagai orang dewasa  atau seukuran burung merpati.

4. Epidendrosaurus
dinosaurus satu ini termasuk dalam keluarga yang sama seperti  Epidexipteryx dan merupakan dinosaurus paling awal yang hidup di pepohonan, saat yang penting dalam evolusi burung. Epidendrosaurus memiliki jari ketiga yang panjang, dua kali panjang dari jari-jarinya yang lain. Jari ini digunakan untuk menggali serangga.



5. Microraptor
Dinosaurus mirip burung ini memiliki empat sayap dan ekor yang berbulu. Tidak halnya burung yang memiliki sayap untuk terbang, sayap pada Microraptor berguna untuk menjaga keseimbangan pada saat meluncur dari satu tempat  ke tempat, seperti layaknya tupai terbang.
Kemampuannya meluncur akhirnya berkembang menjadi dinosaurus yang dapat terbang, diperkirakan makhluk ini termasuk salah satu nenek moyang burung dan dinosaurus.




sumber : http://kasakusuk.com/15-binatang-unik-jaman-prasejarah-01
SelengkapnyaDISINI...

Ada Cacing di Otak Pasien Ini

Diposting oleh GaBohong

operasi
Seekor cacing membuat tim dokter AS terkaget-kaget. Hewan itu ditemukan di dalam otak seorang wanita!
Kejadian mengejutkan ini terjadi di Arizona, AS seperti diberitakan MyFOXPhoenix. com, Sabtu (22/11/2008) .
Temuan tak biasa itu ditemukan saat para dokter sedang mengoperasi Rosemary Alvarez. Wanita itu diduga memiliki tumor di dalam otaknya. Dia mengalami mati rasa pada lengannya dan penglihatan buram.
Sebelumnya, wanita itu telah dua kali masuk kamar operasi dan menjalani CT scan. Namun dokter belum mengetahui penyakitnya. Tapi ketika dokter mengamati dengan seksama hasil MRI, terlihat sesuatu yang sangat mengganggu.
“Begitu kami melihat MRI, kami sadar ini sesuatu yang tidak baik,” kata ahli bedah syaraf Dr Peter Nakaji. Para dokter mengira sesuatu di dalam otak Rosemary tersebut adalah tumor.
Wanita itu pun dioperasi untuk menjalani pengangkatan tumor. Namun betapa kagetnya Nakaji ketika mengoperasi Rosemary. Nakaji bahkan tertawa tertahan di meja operasi.
“Saya yakin ini respons yang sangat aneh bagi orang-orang di ruang operasi,” kata Nakaji mengenai dirinya yang menahan tawa. “Tapi karena saya sangat senang mengetahui kalau itu bukan sesuatu yang mengerikan,” imbuhnya.
Para dokter pun mengangkat cacing tersebut. Mereka yakin pasien tak akan lagi mengalami gangguan kesehatan.
Tak ada yang tahu bagaimana cacing itu bisa masuk ke otak Rosemary. Namun para dokter mengatakan, cacing bisa masuk dari daging yang kurang matang atau karena tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet.
Rosemary yang kini sehat dan telah kembali beraktivitas seperti semula, memetik pelajaran dari kejadian itu. “Cuci tangan Anda, cuci tangan Anda,” ujarnya mengingatkan.

sumber : http://ervakurniawan.wordpress.com/2009/05/06/dikira-ada-tumor-di-otak-eh-ternyata-ada-cacing/
SelengkapnyaDISINI...

Menyimpan Data Bisa Pakai Bakteri

Diposting oleh GaBohong

Ide menyimpan data di dalam bakteri sudah terlintas sekitar satu dekade terakhir. Pertimbangannya, bakteri yang paling sederhana sekalipun memiliki untaian DNA panjang yang bisa menyimpan enkripsi data.

Selain itu, secara alamiah, bakteri jauh lebih tahan terhadap kerusakan dibanding media penyimpanan elektronik manapun. Ia sanggup bertahan dari berbagai macam bencana yang dapat menghancurkan harddisk.


Reproduksi alami bakteri juga dapat dimanfaatkan untuk membuat duplikasi data dan menjaga integritas informasi yang disimpan. Ini juga membuat proses pengambilan kembali data dapat dilakukan dengan lebih mudah.


Berpedoman pada pemikiran tersebut, sekelompok peneliti asal The Chinese University of Hong Kong mencari cara bagaimana menyimpan data ke dalam DNA bakteri. Ternyata tidak sulit.


Pada bakteri, ada empat basis DNA yang bisa digunakan untuk membuat untaian DNA yakni Adenine (A), Cytosine (C), Guanine (G), dan Thymine (T). Artinya, penyimpanan akan menggunakan sistem angka basis empat.





Pada laporannya, seperti dikutip dari i09, 9 Desember 2010 peneliti memberi contoh mengubah kata “iGEM” ke dalam kode yang siap disimpan dalam DNA.


Mereka menggunakan tabel ASCII untuk mengonversi setiap huruf ke dalam nilai numerik misalnya i = 105, G = 71, dan seterusnya. Angka ini kemudian diubah menjadi penomoran basis 4 yakni 105 menjadi 1221, 71 menjadi 0113 dan seterusnya.


Angka basis 4 ini kemudian diubah ke dalam sistem DNA yang menggunakan kode A, T, C, dan G di mana A menggantikan angka 0, T menggantikan 1, C menggantikan angka 2, dan G pengganti angka 3. Jadi, kata iGEM disimpan di dalam DNA sebagai ATCTATTGATTTATGT.


Setelah data mentah siap, peneliti menyebutkan, beberapa algoritma bisa digunakan untuk menyingkirkan informasi repetitif atau redundan. Ini bukan hanya dapat menghemat ruang, banyaknya repetisi dalam untaian DNA secara biologis berpotensi membahayakan DNA dan bakteri tersebut. Berarti, penggunaan algoritma itu akan mengatasi dua masalah sekaligus.


Yang jadi masalah, untaian DNA tidak cukup panjang untuk menyimpan informasi kompleks seperti foto atau buku. Solusi terbaik adalah memecah data menjadi bagian-bagian kecil dan menyebarkannya pada sel yang berbeda.


Agar berhasil, peneliti membuat sistem yang memungkinkan pecahan-pecahan data diidentifikasi dan kemudian disusun ke dalam urutan yang benar. Untuk itu, mereka membuat tiga struktur bagian untuk seluruh DNA yakni header, message, dan checksum.


Header merupakan rangkaian sepanjang 8 bagian yang dibagi ke dalam empat level informasi yakni zona, kawasan, area, dan distrik yang memungkinkan setiap bagian dikembalikan ke dalam urutan yang tepat.


Setelah pesan yang membawa data sebenarnya dihantarkan, checksum menyediakan repetisi dari header awal yang berguna untuk mengontrol mutasi yang mungkin terjadi pada bakteri yang bersangkutan.


Setelah informasi dienkripsi dan ditempatkan pada banyak sel yang berbeda di bakteri, bagaimana cara pemilik data mengambil kembali data yang disimpan oleh bakteri yang bersangkutan?


Sebuah decrypter akan mengambil DNA dan menjalankannya pada sebuah teknologi yang disebut next-generation high-througput sequencing, atau NGS.


Tipe sequencing ini dapat menganalisa dan membandingkan banyak kopi dari sequence yang sama dan menggunakan modus terbanyak untuk mengetahui basis data mana yang benar dan data mana yang telah mengalami perubahan. Setelah itu, algoritma kompresi akan dibalikkan untuk mengembalikan data mentah ke dalam bentuk aslinya.


Langkah terakhir adalah menyusun kembali pecahan-pecahan data dalam urutan yang benar agar rangkaian DNA tersebut bisa diterjemahkan kembali menjadi data yang dapat digunakan.


Sampai tahap ini, data sudah disimpan dan mengalami enkripsi. Orang yang ingin membaca data tersebut membutuhkan formula yang mengetahui urutan yang benar dari header dan checksum. Tanpa formula tersebut, data yang ia miliki tidak dapat digunakan.


sumber : http://www.whooila.com/2010/12/wow-bakteri-bisa-dipakai-untuk.html
SelengkapnyaDISINI...