Unik

Sejarah Bank Syariah Pertama di Dunia

sejarah bank syariah di dunia
Sistem perbankan syariah, yang di tempat lain dikenal sebagai perbankan Islam dan tengah marak di tanah air ini ternyata telah lebih dari setengah abad dijalankan. Rintisan bank syariah atau bank Islam dimulai di Pakistan dalam pengelolaan dana haji secara inovatif pada dekade 1940-an. Perkembangan berikutnya terjadi di Mesir dengan berdirinya bank desa Mit Ghamr pada tahun 1963, inilah bank syariah pertama di dunia.

Sejak didirikannya bank syariah pertama di tahun 1963, perjalanan bank syariah baru mulai berkembang di tahun 1970-an, yaitu setelah didirikannya Islamic Development Bank di Jeddah pada tahun 1975. Kemudian menyusul pendirian bank-bank syariah di negara lain seperti: Dubai Islamic Bank (1975), Kuwait Finance House (1977), Islamic Faisal Bank (di Mesir dan Sudan) pada tahun 1978, Jordan Islamic Bank for Finance and Investment, Bahrain Islamic Bank, dan Islamic International Bank for Investment and Development. Setelah itu, baru kemudian bank syariah mulai menjamur di seluruh dunia.

Pada tahun 1997, di Rusia pasca keruntuhan Uni Soviet, perbankan Islam juga mulai berkembang, ditandai dengan lahirnya Badr Bank di Moskow. Saat ini, perbankan syariah lebih banyak lagi ditemui di negara-negara non-muslim, mulai dari Inggris sampai Afrika Selatan, dibuka oleh bank-bank setempat. 

Post a comment

Next Post
Posting Lebih Baru
Previous Post
Posting Lama