Unik

10 Jembatan Menakjubkan Di Dunia


Berikut ini adalah daftar jembatan-jembatan yang paling menakjubkan di dunia. Jembatan tersebut menakjubkan salah satunya karena keindahannya, dan beberapa darinya adalah jembatan tua juga. Jembatan-jembatan ini tersebar di berbagai belahan dunia. Dari Italia sampai Korea. Mari kita lihat jembatan-jembatan yang paling menakjubkan tersebut.

10. Ponte Vecchio (Italia): Jembatan Tertua dan terkenal
most amazing bridge in the world Ponte Vecchio Top 10 Most Amazing Bridges in The World
Ponte Vecchio

Ponte Vecchio di Florence adalah salah satu tempat wisata terkenal di Italia, dan dianggap sebagai jembatan batu lengkung tertua di Eropa. Bahkan jembatan itu sendiri lebih tua. Sebenarnya dibangun dari kayu sampai hancur oleh banjir di 1333, dan dua belas tahun kemudian jembatan dibangun kembali menggunakan batu.


9. Jembatan Air Magdeburg (Jerman): Jembatan Air Terbesar di Eropa
Jembatan Air Magdeburg menghubungkan bekas Jerman Timur dan Jerman Barat di Sungai Elbe. Dibangun sebagai bagian dari proyek penyatuan kembali Jerman, sepanjang 1 km. Jembatan air ini senilai € 500.000.000, memungkinkan operator untuk menghindari kanal panjang yang padat di sepanjang Elbe. Kapal-kapal sering memiliki masalah di jembatan ini ketika air pada tingkat terendah.
most amazing bridge in the world Magdeburg Water Bridge Top 10 Most Amazing Bridges in The World
Magdeburg Water Bridge

8. Jembatan Tower (Inggris Raya): Jembatan Victorian Paling Terkenal dan paling indah
Selesai pada tahun 1894 oleh Horace Jones dan Wolfe Barry. Tower Bridge (dinamai karena adanya dua menara yang menonjol, setinggi 141 meter) adalah salah satu landmark terkenal di London dan salah satu yang paling indah di dunia.
Jembatan ini sepanjang 800 kaki, memiliki ruang 28 kaki ketika tertutup tetapi mencapai 140 meter ketika dibuka di bagian tengahnya yang memungkinkan kapal untuk berlayar di sungai Thames. Di masa lalu ketika transportasi lebih sering melalui laut daripada udara, jembatan dinaikkan sekitar 50 kali setiap hari.
Tower Bridge dibangun dengan 432 pekerja yang membangunnya selama 8 tahun. Pada waktu itu mereka menenggelamkan 70.000 ton beton ke dalam 2 dermaga besar. 2 struktur dimasukkan ke dalam tempat yang mendukung masing-masing berbobot 1.000 ton dan menghiasi seluruh jembatan dengan batu Portland dan granit Cornish untuk menutupi 11.000 ton baja di bawahnya.

most amazing bridge in the world London Tower Bridge Top 10 Most Amazing Bridges in The World
                         London Tower Bridge

7. Jembatan Angin dan Hujan (Cina): Jembatan Dong
Jembatan Angin dan Hujan adalah simbol dari arsitektur minoritas Dong. Jembatan Angin dan Hujan  di Diping adalah yang terbesar dari jenisnya di Provinsi Guizhou, dimana komunitas Dong terbesar di Cina menetap.
Jembatan ini sepanjang 50 meter dan pertama kali dibangun pada tahun 1894 selama Dinasti Qing 100 tahun yang lalu. Namun, struktur asli dibakar pada 1959 dan apa yang pengunjung lihat sekarang adalah versi tiruan yang selesai tahun 1964.
Jembatan ini berarsitektur kayu murni yang terdiri dari pilar, purlin dan langkan dalam berbagai ukuran dan bentuk. Tubuh jembatan dibagi menjadi tiga bagian, yang terbesar adalah bentuk menara drum tradisional Cina di tengah. Eave dan pilaster dari jembatan dihiasi dengan bunga-bunga dan patung-patung yang membuat jembatan ini menjadi sangat unik.

most amazing bridge in the world Wind and Rain Bridge Top 10 Most Amazing Bridges in The World
Angin dan Jembatan Hujan

6. Jembatan Oliveira (Brazil): The X-berbentuk Kawat Jembatan pertama di Dunia
Octavio Frias de Oliveira Jembatan yang melintasi Sungai Pinheiros di São Paulo, Brasil dibuka pada Mei 2008. Setinggi 138 meter (450 kaki), dan terhubung dengan Pinheiros Jornalista Marjinal dengan Roberto Marinho Avenue. Desainnya begitu unik dengan 2 dek melengkung melewati satu sama lain melalui sebuah menara berbentuk X.
most amazing bridge in the world Oliveira Bridge Top 10 Most Amazing Bridges in The World
Jembatan Oliveira

5. Jembatan   Bergulir (Inggris): Jembatan yang dapat menggulung sendiri
Dirancang oleh Heatherwick Studio, jembatan ini memenangkan penghargaan Jembatan Rolling yang terletak di Paddington Basin, London. Alih-alih menggunakan mekanisme jembatan terbuka konvensional, yang terdiri dari elemen kaku tunggal yang naik untuk membiarkan perahu lewat, Jembatan Rolling menggulung sendiri sampai kedua ujung bertemu.
Ketika dalam posisi horizontal, jembatan pejalan kaki adalah jembatan baja dan kayu normal yang terbuka penuh. Jembatan adalah lingkaran di satu sisi yang berbeda dari posisi lurus.
jembatan dua belas meter ini dibuat dengan delapan bagian besi dan kayu, dan dibuat melengkung oleh tenaga hidrolik pegangan dipasang pada setiap bagian.
most amazing bridge in the world the rolling bridge Top 10 Most Amazing Bridges in The World
Jembatan Rolling
4. Hangzhou Bay Bridge (Cina): Jembatan Lintas Laut Terpanjang di Dunia
Berdiri di seberang Teluk Hangzhou, jembatan ini adalah yang terpanjang di dunia, dengan panjang 35,673 kilometer (22 mil) dengan enam jalur jalan raya di kedua arah. Jembatan ini dibangun untuk menangani lalu lintas di daerah yang sedang berkembang pesat, memotong waktu tempuh antara Shanghai dan Ningbo dari empat jam menjadi 2,5 jam.
most amazing bridge in the world Hangzhou Bay Bridge Top 10 Most Amazing Bridges in The World
Hangzhou Bay Bridge

3. Henderson Waves (Singapura): Jembatan Pejalan Kaki Terindah
Pada ketinggian 36 meter dari permukaan jalan, jembatan ini merupakan jembatan pejalan kaki tertinggi di Singapura. Jembatan 300 meter ini menghubungkan taman di Mount Faber dan Telok Blangah Hill.
most amazing bridge in the world Henderson Waves Singapore Top 10 Most Amazing Bridges in The World
Henderson Wave Singapura

2. Millau Viaduct (Prancis): Jembatan Tertinggi di Dunia
Setinggi 1125 meter di atas Lembah Tarn di selatan Perancis, melintasi Jembatan Millau hampir seperti terbang. Karya Foster & Partners sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel, butuh waktu tiga tahun untuk membangun dan dibuka untuk umum pada tahun 2004.
Selain memberikan pemandangan lembah di bawah, juga bisa memandang awan yang melintas di bawah jembatan. Millau bukanlah rute bagi mereka yang takut ketinggian!
Millau memiliki panjang total 8.071 kaki dengan span tunggal terpanjang 1.122 kaki, jadi ini merupakan jembatan yang sangat indah dalam bentuk miniatur atau bentuk aslinya. Dek jembatan didukung oleh 7 pilar dan berat 36.000 ton. 7 menara, masing-masing 700 meter dan berat 292 ton, dipasang pilar pendukung.
most amazing bridge in the world millau viaduct Top 10 Most Amazing Bridges in The World
Millau Viaduct

1. Jembatan Banpo (Korea Selatan): Jembatan Air Mancur
Dibangun 9 September  2008, Jembatan Banpo di Seoul (Korea Selatan) memiliki facelift besar-besaran: sebuah air mancur 10.000 tabung yang berjalan  pada kedua ujungnya. Setelah terpasang, jembatan berubah menjadi daya tarik wisata besar, karena jembatan ini menembakkan 190 ton air per menit menggunakan air sungai di bawahnya.
most amazing bridge in the world Banpo Bridge South Korea Top 10 Most Amazing Bridges in The World
Banpo Bridge Korea Selatan
Sumber : http://www.mostinterestingfacts.com/building/top-10-most-amazing-bridges-in-the-world.html

Post a comment

Next Post
Posting Lebih Baru
Previous Post
Posting Lama